Naik, Tingkat Wanprestasi Pinjaman Fintech Lending Tembus 4,9 Persen

Kompas.com - 04/06/2020, 15:49 WIB
Ilustrasi fintech. ShutterstockIlustrasi fintech.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat wanprestasi pengembalian pinjaman (TWP) di atas 90 hari industri fintech peer to peer lending (P2P lending) semakin menanjak.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per April 2020, TWP P2P lending di level 4,93 persen. Naik dari posisi Desember 2019 pada 3,65 persen dan April 2019 di 1,63 persen.

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengamini adanya peningkatan TWP industri dampak lebih lanjut dari pandemi Covid-19.

Baca juga: 88 Fintech Sudah Restrukturisasi Pinjaman Online Senilai Rp 237 Miliar

Ketua Bidang Humas dan Kelembagaan AFPI, Tumbur Pardede mengatakan, penyelenggara tetap meningkatkan mitigasi baik saat pandemi maupun saat kenormalan baru nanti.

“Tingkat itu kami pandang masih dalam kapasitas normal atau masih baik, karena tidak bisa dibandingkan dengan institusi keuangan konvensional. Karena metode kita tidak semata-mata kolateral, tingkat risiko kita lebih tingi dari institusi keuangan konvensional. Masih pada batas yang bisa ditoleransi,” ujar Tumbur belum lama ini.

Tumbur menyatakan hasil survei AFPI periode 9-14 Mei 2020, ada 143 platform penyelenggara fintech P2P lending yang memberikan jawaban.

Sebanyak 34 platform mengalami kenaikan TWP, 90 platform menyatakan TWP stabil, dan 6 platform mengaku penurunan TWP.

Baca juga: 8 Fintech Ini Sudah Kantongi Izin Usaha dari OJK

Ia optimis pada masa kenormalan baru nanti, industri P2P lending bisa menekan TWP. Lantaran mitigasi risiko akan ditingkatkan menjelang adanya lonjakan kebutuhan pinjaman.

Ketua Harian AFPI Kuseryansyah bilang para penyelenggara akan menjaga kinerja pada masa pandemi ini dan selektif menyalurkan pembiayaan.

Dengan demikian diharapkan dapat menjaga peran aktif fintech P2P lending dalam menjangkau pembiayaan bagi masyarakat yang selama ini belum tersentuh lembaga keuangan.

PT Akseleran Keuangan Indonesia mencatatkan pada April 2020 TWP berada di level 0,7 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X