Dana Asing Rp 18,67 Triliun Banjiri RI dalam Sebulan

Kompas.com - 05/06/2020, 16:22 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo DOKUMENTASI BANK INDONESIAGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing (capital inflow) dari para investor semakin membanjiri RI dalam kurun waktu 1 bulan terakhir.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, aliran modal asing itu rata-rata masuk melalui Surat Berharga Negara (SBN).

"Minggu lalu, confident investor termasuk asing terhadap ekonomi Indonesia semakin membaik, terbukti dari aliran dana ke SBN. Sejak minggu kedua bulan Mei terus mencatatkan inflow," kata Perry dalam konferensi video di Jakarta, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: Potong Gaji Karyawan, Dana Tapera Dijamin Bisa Cair Setelah Pensiun

Rinciannya, aliran modal asing masuk Rp 2,97 triliun pada minggu kedua Mei, Rp 6,15 triliun pada minggu ketiga, Rp 2,54 triliun pada minggu keempat, dan Rp 7,01 triliun pada minggu kesatu bulan Juni. Secara total, dana asing sudah masuk sekitar Rp 18,67 triliun

Perry pun berujar, cadangan devisa terus membaik sehingga kebutuhan intervensi BI semakin berkurang. Dia pun meyakini, cadangan devisa pada Mei 2020 semakin menguat dibanding April 2020.

"Kondisi terkini cadangan devisa dengan nilai tukar yang terus menguat, intervensi BI semakin berkurang. Alhamdulillah ini mengalami peningkatan, nanti Senin akan dirilis publikasinya dan Insya Allah akan lebih tinggi dibanding porsi bulan lalu," ujarnya.

Sebelumnya, aliran modal asing juga terpantau masuk Rp 2,87 triliun di pekan pertama Mei. Namun instrumen saham masih mengalami outflow Rp 3,19 triliun. Di pekan kedua Mei pun, saham mengalami outflow meski mengecil Rp 2,72 triliun.

Baca juga: Alasan Pertamina Nekat Lanjutkan Megaproyek Kilang di Tengah Pandemi

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X