Total Restrukturisasi Kredit Capai Rp 597 Triliun

Kompas.com - 05/06/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi kredit. SHUTTERSTOCKIlustrasi kredit.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan program restrukturisasi kredit di bank maupun perusahaan pembiayaan terus berlangsung. Apabila dijumlahkan, total restrukturisasi kredit yang sudah dilakukan perbankan dan perusahaan pembiayaan sudah mencapai Rp 597 triliun.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, sampai dengan tanggal 26 Mei 2020, jumlah kredit yang sudah direstrukturisasi perbankan sebesar Rp 517,2 triliun yang terdiri dari 5,3 juta debitur.

Restrukturisasi tersebut utamanya dilakukan oleh debitur UMKM, yaitu sebanyak 4,4 juta debitur dengan nilai kredit sebesar Rp 250,6 triliun.

Baca juga: Alasan Pertamina Nekat Lanjutkan Megaproyek Kilang di Tengah Pandemi

"Dengan outstanding restrukturisasi non UMKM Rp 266,5 triliun, dengan 780.000 debitur," kata Wimboh dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (5/6/2020).

Lebih lanjut, Wimboh memastikan, seluruh debitur yang telah diterima pengajuan restrukturisasi kreditnya sudah diperiksa data kelancaran pembayarannya.

"Yang sebelumnya sudah macet enggak boleh direstruktur," katanya.

Baca juga: Dana Asing Rp 18,67 Triliun Banjiri RI dalam Sebulan

Sementara itu, sampai dengan 2 Juni 2020, perusahaan pembiayaan sudah memberikan restrukturisasi kredit bagi 2,6 juta debitur dengan nilai mencapai Rp 80,5 triliun.

"Masih ada 485.000 kontrak belum disetujui," ujar Wimboh.

Wimboh menyebutkan, angka restrukturisasi kredit tersebut masih akan terus bertambah ke depannya.

Baca juga: Gubernur BI: Alhamdulillah, Rupiah Sudah Tembus di Bawah Rp 14.000...

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X