Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampoerna Donasi Ventilator dan APD untuk RS di Pasuruan

Kompas.com - 05/06/2020, 18:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) bekerja sama dengan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo (YRKS) dalam memberikan bantuan untuk penanganan virus corona (Covid-19) di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Donasi yang diberikan berupa 2 ventilator, 5.000 masker, 250 baju hazmat, 50 alat pelindung diri full set (APD), dan 100 pelindung wajah yang ditujukan untuk mendukung tenaga medis Kabupaten Pasuruan.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengungkapkan apresiasi atas kepedulian Sampoerna. Ia pun berharap dukungan ini mampu memberikan perlindungan kepada tenaga medis yang merupakan ujung tombak dan telah bekerja keras sejak pandemi Covid-19 terjadi.

Baca juga: HM Sampoerna Tingkatkan Protokol Kesehatan di Fasilitas Produksi

“Bantuan ini memang sedang dibutuhkan oleh Gugus Tugas dalam rangka peningkatan kapasitas kesehatan di kabupaten Pasuruan, dimana stok alat-alat kesehatan ini sedang berkurang sehingga minimal bisa membantu mencukupi kebutuhan,” ucap Irsyad dalam keterangan tertulis, Jumat (5/6/2020).

Sementara itu, Direktur Sampoerna Elvira Lianita menyebutkan, sebagai salah satu perusahaan yang mengoperasikan 6 fasilitas produksi dan salah satunya berlokasi di Kabupaten Pasuruan, pihaknya ingin terus mengambil peran aktif memberikan upaya terbaik untuk karyawan dan mitra usaha, konsumen dewasa, serta masyarakat luas.

Selain ventilator dan APD, beberapa kontribusi yang telah dilakukan Sampoerna, antara lain membangun unit fasilitas cuci tangan, menyediakan alat semprot dan cairan disinfektan, membagikan cairan antiseptik tangan, serta mendistribusikan bahan pangan kepada masyarakat.

Sebelumnya, Sampoerna juga bekerja sama dengan mitra CSR, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan pemerintah daerah seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Surabaya, Solo, Pasuruan, Karawang, Bali, dan lainnya.

Baca juga: Sampoerna Donasi Alat Kesehatan untuk Pekerja Migran Terdampak Covid-19

Sampoerna juga telah menyalurkan bantuan serupa ke berbagai rumah sakit di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur termasuk di kota Surabaya melalui pemerintah provinsi setempat, bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

“Sampoerna percaya bahwa untuk menghadapi tantangan pandemi Covid-19, sinergi dan kolaborasi seluruh lapisan menjadi kunci utama. Kami berharap, kontribusi kami dapat membantu pemerintah agar Indonesia mampu menekan dan segera menghentikan laju virus Covid-19,” terang Elvira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com