Cek 5 Tanda Ini untuk Ketahui Apakah Produktif saat WFH

Kompas.com - 06/06/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi WFH. fully.comIlustrasi WFH.

KOMPAS.com - Kerja dari rumah atau work from home ( WFH) bukan lagi hal baru. Semenjak masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), hampir sebagian besar perusahaan mewajibkan karyawannya untuk WFH.

Lantas, ketika Anda bekerja dengan sistem WFH, apakah Anda sudah bekerja dengan produktif? Atau Anda justru merasa semakin sibuk saat WFH dibandingkan saat bekerja dari kantor?

Menyoal kesibukan kerja di tengah pandemi saat ini, tentunya semua orang memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam. Namun, masing-masing orang memiliki kualitas ‘sibuk’ yang berbeda-beda.

Umumnya, banyak orang belum terbiasa menghadapi situasi WFH. Sebagian orang akan mengakui bahwa mereka sibuk, dan sudah melakukan banyak hal tetapi hasilnya, pekerjaan tak kunjung selesai. Kemungkinannya, bisa jadi mereka sebenarnya belum bisa produktif ketika harus kerja di rumah.

Jadi, daripada menebak-nebak, lebih baik Anda lakukan cek langsung terhadap diri sendiri. Apakah Anda termasuk tipe produktif atau cenderung sibuk ketika work from home? Berikut lima tandanya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Orang Sibuk itu Tidak Punya Waktu Kerja yang Jelas

Dalam 24 jam berjalan dengan penuh lelah, seolah tidak punya waktu untuk istirahat selain tidur malam. Hati-hati! Bisa jadi Anda termasuk orang yang sibuk namun tidak produktif.

Seseorang yang sibuk akan merasa dirinya memiliki setumpuk pekerjaan yang tidak pernah selesai, lagi dan lagi tanpa berhenti. Ini terjadi karena tidak memiliki pembagian waktu yang jelas, kapan harus bekerja dan kapan harus istirahat.

Semua itu kembali kepada keahlian seseorang membagi waktu yang dimiliki, dan keahlian ini tercipta dengan menyadari tingkat prioritas serta tujuan dalam hidup.

2. Orang Produktif itu Menyadari Prioritas yang Dimiliki

Ketika pekerjaan atau aktivitas berdatangan tanpa henti, Anda memiliki dua pilihan untuk menjawabnya, yakni ya atau tidak. Dengan kata lain, Anda bisa menerimanya atau menolaknya.

Sebagai orang yang produktif, Anda biasanya tanpa segan akan menolak segala ajakan dan tawaran pekerjaan yang datang, mengingat masih memiliki skala prioritas yang lain. Ini berbeda bagi orang sibuk.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X