4 Kebiasaan Ini Bantu Keuangan Jadi Lebih Sehat Saat New Normal

Kompas.com - 06/06/2020, 13:07 WIB
Ilustrasi dompet SHUTTERSTOCKIlustrasi dompet

KOMPAS.com - Banyak orang tengah menghadapi masalah dengan kondisi finansial mereka semenjak virus corona menyerang. Padahal, sebelum pandemi terjadi, tidak jarang penyebab timbulnya masalah keuangan pribadi kerap berasal dari diri mereka sendiri.

Disadari atau tidak, ada kebiasaan-kebiasaan yang berpotensi menyebabkan masalah keuangan. Misalnya, tak bijak mengatur uang, gaya hidup boros, punya terlalu banyak utang, tidak ada dana darurat, hingga tidak punya perencanaan keuangan untuk masa depan.

Terlepas dari itu semua, setiap orang tentu ingin mencapai kondisi finansial yang sejahtera. Yakni, suatu kondisi keuangan yang sehat dan ideal dimana Anda tidak perlu merasa khawatir dengan biaya hidup, hingga biaya untuk gaya hidup juga tercukupi.

Lalu, bagaimana cara mengatur uang yang bijak agar kondisi finansial Anda menjadi lebih baik? Apalagi saat ini Anda sudah memasuki era new normal. Suatu masa dimana Anda diharapkan untuk bisa adaptasi kebiasaan baru saat beraktivitas di tengah pandemi corona.

Lantas apa saja kebiasaan baik yang bisa membantu keuangan tetap sehat saat new normal? Berikut tipsnya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Disiplin Kelola Keuangan

Pengelolaan finansial dapat dikatakan sehat ketika pengeluaran tidak melebihi pemasukan. Kondisi tersebut tentu harus bisa Anda dapatkan dengan tetap memenuhi semua kebutuhan pokok, serta ada bagian khusus untuk tabungan atau investasi.

Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menyusun anggaran. Setelah itu, alokasikan pemasukan Anda sesuai dengan perencanaan pos-pos keuangan yang telah dibuat, dan disiplinlah mengelola keuangan Anda sesuai anggaran.

2. Kendalikan Hasrat Berbelanja

Kendalikan kebiasaan konsumtif yang berpotensi membuat keuangan Anda tidak sehat seperti belanja berlebihan. Saat situasi new normal resmi berlaku, tentunya Mall, restoran, bioskop hingga tempat wisata akan kembali dibuka untuk umum.

Di saat inilah penting sekali untuk mengendalikan diri agar tidak mudah tergiur tawaran promo atau diskon. Jangan khilaf menghabiskan uang untuk kesenangan diri saja, biasakan diri untuk belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan semata.

Biasakan diri Anda untuk membuat anggaran khusus belanja dan sebisa mungkin jangan mengambil jatah dana lainnya saat bujet belanja sudah habis. Mengendalikan hasrat berbelanja itu tidak mudah tapi Anda harus yakin bisa demi keuangan yang sehat.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X