Selamatkan Maskapai Penerbangan, Perancis Siapkan Rp 158,2 Triliun

Kompas.com - 08/06/2020, 08:09 WIB
Ilustrasi pesawat terbang. KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi pesawat terbang.

PARIS, KOMPAS.com - Pemerintah Perancis bakal menggelontorkan anggaran penyelamatan darurat untuk industri pesawat terbang dengan nilai mencapai 11,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 158,2 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS).

Dikutip dari Reuters, Senin (8/6/2020) jumlah tersebut termasuk dana investasi sebesar 1 miliar euro.

Rencana pemerintah itu bertujuan untuk membantu sektor industri penerbangan pulih dari krisis yang disebabkan oleh pandemi virus corona.

Secara lebih rinci, dengan total anggaran tersebut, pemerintah setempat akan melakukan langkah-langkah seperti jaminan pinjmanan hingga dukungan untuk penelitan dan pengembangan.

Namun demikian, Kementerian Perekonomian Perancis masih menolah untuk berkomentar untuk hal tersebut.

Adapun Menteri Transportasi negara tersebut sebelumnya sempat mengatakan pemerintah setempat tengah berupaya untuk memberikan pendanaan sebesar 1 miliar euro untuk paket krisis.

Jumlah tersebut sesuai dengan yang dikatakan pekan lalu oleh sumber Reuters yang sebelumnya sempat mengatakan, pejabatan pemerintahan dan idnsutri sedang mengegosiasikan dana investasi untuk membantu pemasok-pemasok kecil di industri pesawat terbang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk dana tersebut, salah satunya targetnya untuk mereka (pemasok kecil)," ujar Menteri Tranpsortasi Perancis Hean Baptiste Djebbari.

Namun demikian, dirinya tidak memberikan penjelasan lebih rinci mengenai anggaran yang bakal digunakan. Namun demikian, dia mengatakan inisiatif tersebut bakal diumumkan pekan ini.

Djebbari mengatakan, dengan rencana tersebut harapannya bisa melindungi perusahaan-perusahaan dirgantara dari pengambil alihan oleh asing. Selain itu, sama halnya dengan dukungan senilai miliaran euro untuk industri mobil, dengan paket dukungan tersebut, industri pesawat terbang dapat melindungi lapangan pekerjaan yang ada.




Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.