Terminal Jabodetabek Kembali Layani Bus AKAP, Kecuali Dua Terminal ini

Kompas.com - 08/06/2020, 14:46 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) kembali membuka seluruh terminal di Jabodetabek kembali untuk melayani bus antar kota antar provinsi ( AKAP).

Keputusan tersebut diambil setelah berakhirnya aturan larangan mudik, terhitung sejak kemarin, Minggu (7/6/2020).

Namun, Kepala BPTJ Polana Pramesti mengatakan, dari 9 terminal yang berada di Jabodetabek, dua di antaranya masih belum dapat melayani bus AKAP.

Baca juga: Layanan Bus AKAP di Terminal Jabodetabek Disetop hingga 7 Juni, Ini Alasannya

Kedua terminal tersebut adalah, Terminal Jatijajar Depok dan Terminal Poris Plawad Tangerang.

"BPTJ memutuskan untuk masih menunda pelayanan bus AKAP di kedua terminal tersebut berdasarkan rekomendasi dari pemerintah daerah atau gugus tugas di masing-masing wilayah terminal berada yaitu Kota Depok dan Kota Tangerang," ujar Polana dalam keterangan tertulis, Senin (8/6/2020).

Lebih lanjut, Polana menjelaskan, kedua pemerintah daerah tersebut masih fokus menekan angka kasus Covid-19.

Dengan demikian, Terminal Jatijajar Depok dan Poris Plawad Tangerang baru akan melayani bus AKAP kembali setelah mendapat rekomendasi dari pemerintah daerah atau gugus tugas yang ada di masing-masing wilayah.

"Kami akan senantiasa berkomunikasi aktif dengan pemerintah daerah atau gugus tugas di masing-masing wilayah, namun yang jelas kita semua memiliki semangat yang sama yakni memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Polana.

Baca juga: Bus AKAP Kembali Beroperasi, Organda: Minatnya Enggak Banyak...

Meski belum dapat melayani bus AKAP, kedua terminal tersebut sudah melayani bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Sementara itu, tujuh terminal lain di Jabodetabek, yaitu Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal Kalideres, Terminal Tanjung Priok, Terminal Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan serta Terminal Bekasi, sudah dapat kembali melayani bus AKAP.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X