Erick Thohir Angkat Agung Budi Waskito Jadi Dirut PT Wika

Kompas.com - 08/06/2020, 16:41 WIB
Wijaya Karya. Wijaya KaryaWijaya Karya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Mantan bos Inter Milan itu mencopot Tumiyana dari jabatan Direktur Utama PT Wika. Sebagai gantinya, Erick menunjuk Agung Budi Waskito.

Hal tersebut telah disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019 di Jakarta, Senin (8/6/2020).

“Kepengurusan baru ini diharapkan semakin memperkuat posisi WIKA terutama untuk memastikan keberlangsungan bisnisnya di tengah tantangan penyebaran Covid-19,” demikian bunyi keterangan tertulis yang dikeluarkan Wika, Senin.

Baca Juga: Dirut Baru 4 BUMN Karya Besar, Seluruhnya Dipegang 'Alumni' Wika

Selain perubahan direksi, dalam RUPST tersebut juga disepakati penggunaan laba bersih tahun buku 2019 sebanyak 20 persen atau sebesar Rp 457 miliar (Rp 50,95 per lembar saham) untuk didistribusikan ke pemilik entitas induk. Sementara itu, 80 persen dari laba bersih ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Tercatat, hingga April 2020, WIKA telah mencatatkan kontrak baru sebesar Rp2,83 Triliun yang mana sebagian besarnya disumbangkan oleh sektor Industri dan disusul dengan Infrastruktur & Building, Property, dan didukung pula oleh sektor Energy dan Industrial Plant.

Sementara itu, dari segi ownership, mayoritas dari kontrak baru tersebut berasal dari swasta, disusul dengan pemerintah dan sebagiannya lagi merupakan buah dari sinergi BUMN.

"Dengan kontrak baru tersebut, WIKA kini telah memiliki kontrak dihadapi sebesar Rp80,68 Triliun. Ini menjadi tanggung jawab kita untuk bisa menjawab kepercayaan yang diberikan oleh publik dengan strategi yang tepat,” kata Sekertaris Perusahaan Wika Mahendra Vijaya.

Adapun susunan Dewan Komisaris dan Direksi PT Wika yang baru adalah sebagai berikut:

Komisaris Utama: Jarot Widyoko

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X