IHSG Hari Ini Diprediksi Kembali Melaju

Kompas.com - 09/06/2020, 08:00 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, beberapa waktu lalu. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari ini Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) diproyeksikan akan bergerak positif. Sebelumnya IHSG ditutup pada zona hijau dengan kenaikan 2,48 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, kenaikan IHSG hari ini terdorong sentimen pembukaan ekonomi di banyak negera. Di Indonesia sendiri, telah memulai masa transisi PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) awal pekan ini. Transisis PSBB juga direspon positif oleh pasar.

“Optimisme pasar datang dari pembukaan ekonomi. Dari internal, PSBB transisi itu menjadi sentimen positif bagi pasar, walaupun ditengah kekhawatiran karena aktivitas bisnis mulai normal, kita harus hati-hati dengan lonjakan Covid-19,” kata Hans kepada Kompas.com Selasa (9/6/2020).

Baca juga: Akhiri Senin, IHSG Melesat Tapi Rupiah Melemah

Dari sisi eksternal, rilis data tenaga kerja AS menunjukkan perbaikan. Sebelumnya diprediksi data tenaga kerja akan minus 8 juta orang, namun tenyata bertambah menjadi 2,5 juta orang. Sementara dari Eropa, rilis data produksi industri Jerman turun 17,9 persen pada April 2020.

“Mungkin indeksnya akan menguat terbatas. Karena pertama, optimisme pembukaan ekonomi dan kedua, data ekonomi AS cukup bagus. Jadi ekspektasi orang seluruh data ekonomi dunia mulai membaik,” jelas dia.

Selanjutnya pergerakan saham-saham yang sempat terdampak Covid-19 dan terpukul cukup dalam, seperti saham perbankan, penerbangan dan otomotif yang mulai menguat akan mendorong laju positif indeks.

Sementara itu, pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) besok akan menjadi hal yang ditunggu-tunggu dan membuat pasar berhati-hati. Namun Hans memprediksi, The Fed hanya akan menegaskan untuk rencana pembelian asset dan belum memberikan stimulus tambahan dalam waktu dekat.

Hans memprediksikan IHSG hari ini akan bergerak pada support level 5.000 sampai dengan 4.851, resisten pada level 5.103 sampai dengan 5.278.

Baca juga: Saham BTN Terdongkrak Tapera?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X