Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Percepat Akselerasi Jadi Bank Digital

Kompas.com - 09/06/2020, 08:38 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berencana bertransformasi menjadi bank digital. Model bisnis ini bahkan telah dituangkan dalam rencana 5 tahun ke depan.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Royke Tumilaar mengatakan, layanan digital diproyeksikan dapat menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan secara berkelanjutan.

"Nah model bisnis kita memang dalam 5 tahun ke depan, kita memang punya core plan akan mempercepat akselerasi menjadi bank digital," kata Royke dalam konferensi video di Jakarta, Senin (8/6/2020).

Royke menuturkan, tatanan kehidupan baru (new normal) membuat perbankan semakin mempercepat penyesuaian platform digital perbankan.

Dalam waktu 2-3 bulan ke depan, perseroan berencana meluncurkan produk maupun proses otomatisasi guna mengakselerasi core plan tersebut secara bertahap.

"Saat ini dengan adanya new normal, mau enggak mau kita harus percepat penyesuaian platform digital kita. Memang tidak sekedar membalikkan tangan untuk membuat bisnis model yang core-nya secara digital, tapi kita sudah ada roadmap-nya," papar Royke.

Sebagai informasi, pengguna aktif aplikasi Mandiri Online mencapai lebih dari 3,6 juta pengguna, tumbuh 62 persen (yoy) pada kuartal I 2020. Dari jumlah tersebut, nilai transaksi yang terjadi mencapai Rp 229,5 triliun.

Bank Mandiri sudah mempersiapkan berbagai strategi, baik di segmen wholesale, UMKM maupun untuk menjadi modern digital bank sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi kompetisi yang semakin tak berbatas.

Tahun ini, Bank Mandiri mulai memperkenalkan layanan Online Onboarding. Lewat layanan ini, masyarakat tidak perlu ke kantor cabang atau mendownload aplikasi untuk membuka rekening, cukup mengakses link join.bankmandiri.co.id melalui ponsel atau melakukan scan QR.

Sedangkan layanan Mandiri Online, kini telah menjadi platform e-channel utama yang memiliki layanan lengkap untuk memenuhi kebutuhan nasabah ritel, seperti transfer, pembayaran pajak, BPJS, telepon, kartu kredit, pembelian pulsa, token PLN, pembukaan rekening deposito, informasi transaksi kartu kredit dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com