Kompas.com - 09/06/2020, 08:38 WIB
Direktur Utama Bank Mandiri, Royke Tumilaar. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIADirektur Utama Bank Mandiri, Royke Tumilaar.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berencana bertransformasi menjadi bank digital. Model bisnis ini bahkan telah dituangkan dalam rencana 5 tahun ke depan.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Royke Tumilaar mengatakan, layanan digital diproyeksikan dapat menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan secara berkelanjutan.

"Nah model bisnis kita memang dalam 5 tahun ke depan, kita memang punya core plan akan mempercepat akselerasi menjadi bank digital," kata Royke dalam konferensi video di Jakarta, Senin (8/6/2020).

Royke menuturkan, tatanan kehidupan baru (new normal) membuat perbankan semakin mempercepat penyesuaian platform digital perbankan.

Dalam waktu 2-3 bulan ke depan, perseroan berencana meluncurkan produk maupun proses otomatisasi guna mengakselerasi core plan tersebut secara bertahap.

"Saat ini dengan adanya new normal, mau enggak mau kita harus percepat penyesuaian platform digital kita. Memang tidak sekedar membalikkan tangan untuk membuat bisnis model yang core-nya secara digital, tapi kita sudah ada roadmap-nya," papar Royke.

Sebagai informasi, pengguna aktif aplikasi Mandiri Online mencapai lebih dari 3,6 juta pengguna, tumbuh 62 persen (yoy) pada kuartal I 2020. Dari jumlah tersebut, nilai transaksi yang terjadi mencapai Rp 229,5 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bank Mandiri sudah mempersiapkan berbagai strategi, baik di segmen wholesale, UMKM maupun untuk menjadi modern digital bank sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi kompetisi yang semakin tak berbatas.

Tahun ini, Bank Mandiri mulai memperkenalkan layanan Online Onboarding. Lewat layanan ini, masyarakat tidak perlu ke kantor cabang atau mendownload aplikasi untuk membuka rekening, cukup mengakses link join.bankmandiri.co.id melalui ponsel atau melakukan scan QR.

Sedangkan layanan Mandiri Online, kini telah menjadi platform e-channel utama yang memiliki layanan lengkap untuk memenuhi kebutuhan nasabah ritel, seperti transfer, pembayaran pajak, BPJS, telepon, kartu kredit, pembelian pulsa, token PLN, pembukaan rekening deposito, informasi transaksi kartu kredit dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.