Kompas.com - 09/06/2020, 20:05 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa di Jakarta, Jumat (29/11/2019) KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa di Jakarta, Jumat (29/11/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah terus menarik investor luar negeri.

Salah satu cara menarik investor yakni dengan menghidupkan kembali proyek-proyek yang mangkrak sekitar 8-9 tahun.

"Investasi-investasi yang mangkrak yang lalu itu sudah kita bongkar, kita hidupkan kembali dan sekarang sudah jalan. Ini salah satu jalan untuk menarik investor luar. Investasi mangkrak 8-9 tahun lalu itu sudah bisa kita hidupkan kembali dan berjalan dengan baik," ujarnya melalui tayangan virtual, Selasa (9/6/2020).

Baca juga: Menteri Edhy Kembali Bolehkan Penggunaan Cantrang untuk Tangkap Ikan

Suharso berharap, berjalannya kembali proyek infrastruktur bisa jadi sinyal positif untuk para investor. Apalagi kata dia, investor asing mulai bergairah di pasar modal.

"Lihat saja kita punya market sekarang di pasar modal sinyalnya positif sekali dan itu menandakan bahwa ada kepercayaan yang pulih di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya,  Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi kuartal I 2020, mencapai sebesar Rp 210,7 triliun atau tumbuh 8 persen secara year on year (yoy) dibanding kuartal I 2019 sebesar Rp 193,9 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Erick Thohir Ingin Gabungkan PT Angkasa Pura I dan II

Adapun data realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sepanjang kuartal I-2020 sebesar Rp 112,7 triliun, tumbuh 29,3 persen dibanding periode sama tahun lalu senilai Rp 87,2 triliun.

Sementara, pencapaian Penanaman Modal Asing (PMA) sepanjang Januari-Maret 2020 sebesar Rp 98 triliun atau melorot 7 persen secara tahunan di mana pada Januari-Maret 2019 mampu mencatatkan investasi senilai Rp 107,9 triliun.

Baca juga: Siap-siap, Dana dan Lazada Bakal Tebar Diskon 50 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.