Jumlah Penumpang Tidak Dibatasi, Apa Saja Persyaratan Naik Kapal?

Kompas.com - 10/06/2020, 12:45 WIB
ILUSTRASI - Kapal Pelni https://www.facebook.com/pelni162ILUSTRASI - Kapal Pelni

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubla Kemenhub) tidak membatasi jumlah penumpang kapal laut.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor (SE) 12 Tahun 2020.

Melalui Surat Edaran tersebut, Kemenhub hanya meminta kepada operator kapal untuk menerapkan jaga jarak bagi penumpangnya.

Baca juga: Per Hari ini, Pelni Kembali Jual Tiket Penumpang Kapal Penyeberangan

"Intinya Surat Edaran ini tidak lagi mengatur siapa yang boleh pergi, tapi siapapun boleh pergi dengan kapal laut," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Lantas, apa saja persyaratan yang diberikan Kemenhub untuk calon penumpang agar dapat menggunakan kapal laut?

Dalam SE Nomor 12 Tahun 2020, Kemenhub menekankan, setiap penumpang bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing.

"Dengan menerapkan protokol kesehatan yang meliputi, jaga jarak, pakai masker. dan cuci tangan, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku," bunyi poin 3.a SE tersebut.

Baca juga: Imbas Corona, ASDP Pangkas Anggaran hingga Rp 500 Miliar

Calon penumpang diwajibkan untuk membawa identitas diri dan surat keterangan bebas Covid-19.

Untuk hasil uji tes polymerase chain reaction atau PCR masa berlakunya yakni selama 7 hari, sementara hasil uji rapid test hanya berlaku untuk 3 hari.

Bagi daerah yang tidak memiliki PCR atau rapid test, maka calon penumpang harus memiliki surat keterangan bebas gejala Covid-19 seperti influenza, yang dikeluarkan oleh rumah sakit, puskesmas, atau dokter.

Lalu, bagi penumpang yang beraal dari luar negeri, maka diwajibkan untuk melakukan PCR test pada saat kedatangan di pelabuhan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X