Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

GrabMerchant Resmi Meluncur, Berikut Fitur-fitur yang Bisa Dimanfaatkan UMKM

Kompas.com - 11/06/2020, 15:57 WIB
Alek Kurniawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comGrab Indonesia hari ini, Kamis (11/6/2020) meluncurkan GrabMerchant sebagai platform all-in-one.

Tujuan dihadirkannya platform tersebut adalah untuk membantu UMKM di Indonesia bertransformasi menjadi bisnis online, berkembang di era ekonomi digital, dan beradaptasi dengan new normal atau tatanan kenormalan baru.

GrabMerchant, yang mencakup aplikasi serta web portal telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang mudah digunakan oleh para mitra merchant guna menjalankan dan mengelola bisnis mereka secara menyeluruh.

Berikut adalah fitur-fitur utama yang bisa UMKM manfaatkan.

1. Pendaftaran Mandiri

Para pelaku bisnis di sektor kuliner sekarang dapat mengunduh aplikasi GrabMerchant. Kemudian, mereka bisa langsung mengikuti proses pendaftaran untuk membuka toko online dan mulai berjualan di GrabFood paling cepat dalam jangka waktu 24 jam.

Proses pendaftaran sepenuhnya dapat dilakukan secara digital dan merchant dapat melihat status pendaftaran mereka secara real-time melalui aplikasi GrabMerchant.

2. Profil pengguna untuk keamanan ekstra

GrabMerchant dilengkapi dengan tiga profil pengguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam menjalankan bisnis, yakni Profil Pemilik, Pengelola Toko, dan Kasir.

Profil Pemilik akan memperoleh akses penuh ke berbagai layanan dan fitur GrabMerchant mulai dari manajemen operasional, pemantauan dan analisis kinerja bisnis, pelunasan pembayaran, manajemen inventaris, manajemen kampanye pemasaran, hingga pengajuan fasilitas keuangan.

Baca juga: Grab Bagikan Partisi kepada 8.000 Mitra Pengemudi

Profil Pengelola Toko membantu penggunanya untuk mengawasi dan mengelola operasional toko sehari-hari.

Sementara Profil Kasir hanya dapat menggunakan fungsi pembayaran dan pengelolaan pesanan. Fitur Profil pengguna ini menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk para pemilik usaha dengan cara membatasi akses karyawan ke informasi bisnis yang sensitif.

Merchat mitra GrabFood sedang melayani pelanggan.Grab Indonesia Merchat mitra GrabFood sedang melayani pelanggan.

3. Grosir

Melengkapi persediaan bahan-bahan untuk menjalankan bisnis selalu menjadi tantangan bagi UMKM. Selain karena biaya pengiriman yang tinggi, mereka juga harus membeli persediaan dan bahan-bahan dengan harga eceran dari pasar tradisional.

Hal ini tentu saja tidak murah dan merepotkan. Dengan fitur Grosir, Grab telah bekerja sama dengan mitra penyedia bahan-bahan pokok yang berkualitas di berbagai kota, seperti TaniHub dan Sayurbox.

Mitra merchant sekarang dapat membeli persediaan dan bahan-bahan dengan harga grosir, sekaligus menikmati kenyamanan layanan pengiriman barang satu hari sampai (next-day delivery). Layanan ini tersedia untuk 100.000 mitra merchant di beberapa wilayah di tujuh kota di Indonesia.

4. Pemasaran

Fitur Pemasaran (Marketing) dalam aplikasi GrabMerchant akan dilengkapi dengan perangkat pengaturan iklan yang membantu bisnis untuk mengembangkan iklan yang menarik dalam beberapa menit saja.

Adapun biaya yang diperlukan hanya sebesar 1 dollar AS per hari untuk mendorong awareness pelanggan dan meningkatkan penjualan di toko GrabFood mereka.

Baca juga: Grab Pasang Partisi, Driver Ojol Kini Bisa Narik Penumpang dengan Aman

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com