Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sakit Milik Pelindo I Operasikan Lab PCR untuk Covid-19

Kompas.com - 12/06/2020, 05:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan atau RS PHC Medan milik PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) sudah dapat memberikan layanan pemeriksaaan swab PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk Covid-19. Ini berlaku mulai Kamis (11/6/2020).

RS PHC Medan menjadi rumah sakit BUMN pertama di wilayah Sumatera Utara yang dapat melakukan pemeriksaan dengan menggunakan metode Swab dan pemeriksaan menggunakan PCR.

Alat PCR tersebut merupakan bantuan pinjaman yang diberikan dari Kementerian BUMN melalui Pertamina Bina Medika IHC.

Baca juga: Pandemi Corona, Layanan Pelindo I Bisa Diakses Secara Online

Pinjaman alat ini dalam rangka upaya mempercepat penanganan pandemi Covid-19 yang ada di wilayah Sumatera Utara.

"Pemeriksaan swab PCR di RS PHC Medan memiliki kapasitas 380 sampel sekali running," kata Rudi Susanto, Direktur Utama PT Prima Husada Cipta Medan dalam keterangan tertulis, Jumat (12/6/2020).

Rudi mengungkapkan, pada tahap awal RS PHC Medan dapat mengerjakan 50 sampel per hari. Ini lantaran alat ekstraksi yang dimiliki masih manual.

Namun, secara bertahap akan ditingkatkan kapasitas pemeriksaannya menjadi 180 sampel per hari jika ekstraksi automatic yang sedang dalam perencanaan pembelian, tiba di RS PHC Medan.

Baca juga: Pelindo I Salurkan APD ke Rumah Sakit dan Puskesmas di Sumut

"Saat ini, RS PHC Medan melakukan optimalisasi alat PCR tersebut dengan beberapa sampel dari internal, serta bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran USU bagian Mikrobiologi,” jelas Rudi.

Lebih lanjut, Rudi menerangkan, jadwal pelayanan untuk pemeriksaan swab PCR Covid-19 bagi pasien mandiri dan rumah sakit.

Dengan adanya laboratorium Biomolekuler PCR di RS PHC Medan, maka semakin menambah jumlah laboratorium Biomolekuler PCR yang sebelumnya telah beroperasi di Sumatera Utara, seperti di RS Adam Malik, RS USU dan Fakultas Kedokteran USU.

“Kehadiran Laboratorium Biomolekuler PCR ini merupakan bentuk dukungan Kementerian BUMN melalui Pelindo 1, yang diharapkan dapat mempercepat penanganan Covid-19 khususnya dalam hal pemeriksaan swab PCR di Sumatera Utara,” ungkap Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com