Kompas.com - 12/06/2020, 12:41 WIB
Ilustrasi konsumen Thinkstockphotos.comIlustrasi konsumen

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Konsumen Bank Indonesia pada Mei 2020 mengindikasikan pelemahan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi masih berlanjut.

Melemahnya keyakinan konsumen tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2020 sebesar 77,8. Angka itu lebih rendah dibanding IKK April sebesar 84,8. 

"Melemahnya optimisme konsumen terjadi pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kategori kelompok usia," tulis Bank Indonesia dalam surveinya, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Dampak Covid-19, 49 Persen Konsumen Jadi Lebih Sering Masak di Rumah

Penurunan IKK disebabkan oleh penurunan kedua indeks pembentuknya, terutama indeks kendisi ekonomi saat ini yang turun menjadi 50,7.

Penurunan terdalam terjadi pada indeks ketersediaan lapangan kerja, sejalan dengan banyaknya tenaga kerja yang terkena PHK.

"Penurunan indeks ketersediaan lapangan kerja terjadi pada seluruh kategori pendidikan dan responden, terdalam pada responden dengan pendidikan SLTA dan akademi, dan responden berusia di atas 60 tahun," sebut survei konsumen BI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara indeks Ekspektasi Konsumen masih berada pada zona optimistis dengan indeks 104,9 pada Mei 2020. Kendati demikian, angka itu masih lebih lemah dibanding 106,8 pada April 2020.

Baca juga: Survei: Konsumen Tetap Beli Perlengkapan Ibadah dan Produk Fashion

"Ekspektasi terhadap kondisi ekonomi pada Mei 2020 mengalami penurunan karena menurunnya indeks ekspektasi kegiatan usaha dan indeks ekspektasi penghasilan pada 6 bulan mendatang," sebutnya.

Secara spasial, indeks keyakinan konsumen (IKK) mengalami penurunan di 14 kota yang disurvei. Terdalam di Manado (-30,7 poin), diikuti Ambon (-17,9 poin), dan Mataram (-27 poin).

Sementara indeks ekspektasi konsumen (IEK) pada Mei 2020 menurun di 9 kota dengan penurunan terdalam di Manado (-35,5 poin), diikuti Jakarta (-21,3 poin), dan Mataram (-18,4 poin).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.