Dampak Pandemi Corona, Realisasi Lelang Negara Baru Rp 2,6 Triliun

Kompas.com - 12/06/2020, 17:33 WIB
Ilustrasi lelang Getty Images/iStockphoto/siraanamwongIlustrasi lelang
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan pandemi virus corona (Covid-19) menyebabkan tekanan pada realisasi pokok lelang hingga kuartal II-2020.

Isa mengatakan, realisasi lelang yang dilakukan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) hingga kuartal II-2020 hanya mencapai Rp 2,6 triliun. Padahal seharusnya, hingga kuartal II tahun ini, nilai pokok lelang yang bisa direalisasikan mencapai Rp 6,16 triliun.

Pasalnya, target pokok lelang sepanjang tahun 2020 secara keseluruhan mencapai Rp 30 triliun. Sementara pada kuartal II, ditargetkan realisasi lelang bisa 20 persen dari target.

Baca juga: Bea Cukai Lelang Mobil Dominic Toretto, Minat?

"Jadi target ini sebenarnya Rp 30 triliun. Biasanya, itu kira kuartal I baru targetkan 5 persen saja, jadi masih sedikit, kemudian di kuartal II kita taergetkan 20 persen," kata Isa dalam video conference, Jumat (12/6/2020).

"Nah kuartal I yang biasanya 5 persen, berarti Rp 1,5 triliun itu sih masih tercapai, tapi masuk kuartal II yang biasanya target 20 persen, sekitar Rp 6 triliun, itusejauh ini baru dapat per hari ini tadi Rp 2,6 triliun secara nasional," sambungnya.

Adapun Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto menjelaskan, realisasi pokok lelang yang tercatat baik di KPKNL serta lelang swasta sejak awal tahun hingga 8 Juni 2020 mencapai Rp 8,07 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jeep Cherokee dan Range Rover Bekas Milik Bos Koperasi Pandawa Dilelang, Minat?

Realisasi pokok lelang tersebut tak berbeda jauh dengan tahun lalu yang sekitar Rp 9 triliun.

“Masih ada waktu. Dan capaian Rp 8 triliun yang dicapai sekarang kalau dibandingkan dengan capaian 2019 sampai Juni masih sama, imbang,” kata dia.

Joko berharap, capaian pokok lelang tahun ini tetap bisa mencapai target. Sehingga penerimaan negara bukan pajak (PNBP) lelang pun meningkat.

Per 8 Juni 2020, realisasi PNBP lelang mencapai Rp 162,98 miliar atau 24,13 persen dari target tahun ini sebesar Rp 675 miliar.

“Mudah-mudahan ke depan teman-teman kanwil juga melayani permohonan yang ada,” ucapnya.

Baca juga: Siap-siap, Ditjen Pajak Periksa Laporan SPT Mulai 1 Juli

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.