Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Pak Gubernurnya Ini Kan Orangnya Paten...

Kompas.com - 12/06/2020, 21:01 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi lebih aktif untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM).

Ia menyebutkan, salah satu caranya dengan mendorong para UMKM yang berada di wilayah Sumatera Utara untuk ikut bergabung dalam program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Pak Gubernurnya ini kan orangnya paten, makanya saya minta proaktif untuk melaksanakannya. Malu kita kalau Sumut sedikit partisipasinya, makanya saya minta Pak Gubernur ada berapa ratus ribu nanti UMKM yang masuk online, biar Sumut makin baik," ujarnya dalam webinar penyediaan akses UMKM yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...

Luhut juga mengatakan, saat ini masih banyak UMKM yang masih belum melek digital. Apalagi, semenjak adanya pandemi Covid-19 ini membuat para UMKM tidak memiliki pemasukan dan mengalami penurunan penjualan, khususnya untuk UMKM yang menjual kategori produk non-esensial, seperti pakaian dan elektronik.

Ia menyebutkan, penjualan online adalah salah satu solusi yang hebat bagi UMKM. Apalagi, dilihat semenjak ada pandemi, banyak masyarakat yang berbelanja secara online.

Luhut juga menambahkan, sejak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini diluncurkan pada Mei lalu, sudah ada 300.000 UMKM yang bertransformasi ke online.

Pemerintah menargetkan ada 2 juta UMKM yang akan masuk ke e-commerce.

"Kami berharap Sumatera Utara jadi pendaftar UMKM yang paling banyak. Saya juga minta ke Bupati, Gubernur, atau teman-teman lainnya untuk mendorong para UMKM-nya masuk ke program gerakan ini," kata dia.

Baca juga: Luhut: Pemerintah Incar Turis Berkantong Tebal dan Kurangi Turis Level C

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com