Selain Produk Kesehatan, Penjualan Online Barang Ini Juga Melonjak Selama Pandemi

Kompas.com - 12/06/2020, 22:02 WIB
Ilustrasi E-commerce SHUTTERSTOCKIlustrasi E-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO BukaLapak Rachmat Kaimuddin mengatakan, penjualan produk-produk alat kesehatan dan kebutuhan hobi mulai melonjak dalam tiga bulan terakhir.

Pandemi virus corona (Covid-19) serta imbauan pemerintah agar masyarakat tetap beraktivitas di rumah jadi alasan kedua produk tersebut kerap dicari para pembeli atau konsumen.

"Sejak Covid, kami lihat alat kesehatan ini menjadi melonjak dan menjadi salah satu yang penting. Kemudian kami lihat juga lonjakan barang-barang hobi, seperti intinya bikin orang betah tinggal di rumahlah lebih banyak. Misalnya, alat-alat masak, video game," katanya melalui diskusi virtual, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Masyarakat Keluhkan Naiknya Tagihan Listrik, Ini Kata Erick Thohir

Padahal, sebelum kondisi Covid-19, kedua produk tersebut pembeliannya sangat minim. Ketimbang, produk fesyen dan elektronik yang selalu menjadi penjualan terbanyak dicari oleh pembeli.

"Sebelum covid itu top kategorinya itu adalah elektronik, general consumer good, sama fashion. Ini memang terjadi shifting yang sangat luar biasa ya selama Covid. Kalau dulu, alat kesehatan dan hobi berada di bawah, lumayan jauh," ujarnya.

Lebih mengherankan lagi, lanjut Rachmat, alat suku cadang (sparepart) kendaraan selama pandemi malah ikutan melonjak dalam pencarian belanja konsumen di BukaLapak.

Baca juga: Akibat Pandemi Covid-19, BKPM Koreksi Target Realisasi Investasi 2020

"Sparepart mobil dan motor itu penjualannya cukup naik juga. Mungkin orang punya waktu beresin kendaraan mereka," ucapnya.

Semenjak Covid-19 melanda berbagai negara termasuk Indonesia, beberapa perusahaan rintisan (startup) justru mendapatkan berkah. Presiden Komisaris SEA Group Indonesia Pandu Patria Sjahrir mengatakan, hal itu terkait dengan imbauan pemerintah agar masyarakat beraktivitas di rumah.

Baca juga: Luhut: Pemerintah Incar Turis Berkantong Tebal dan Kurangi Turis Level C



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X