Erick Thohir Mau Bentuk Konsorsium BUMN Garap Baterai Kendaraan Listrik

Kompas.com - 13/06/2020, 16:28 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir ketika menjelaskan konsep PT Sarinah (Persero) dalam wawancara terbatasnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (8/5/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenteri BUMN Erick Thohir ketika menjelaskan konsep PT Sarinah (Persero) dalam wawancara terbatasnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (8/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir berencana membentuk konsorsium BUMN untuk menggarap industri baterai kendaraan listrik.

Konsorsium tersebut akan berisi perusahaan-perusahaan pelat merah besar.

“Yang lebih besar lagi mimpi kita, kita sudah membuat konsorsium Pertamina, Telkom, PLN, Inalum untuk mencari solusi energi, yang dalam arti baterai listrik,” ujar Erick dalam diskusi virtual yang diselenggarakan IND Times, Sabtu (13/6/2020).

Baca juga: Dukung Program Mobil Listrik, Pertamina Akan Rambah Bisnis Baterai

Erick menjelaskan, ke depan komponen termahal dalam kendaraan listrik yakni baterainya. Atas dasar itu, dia menginginkan BUMN mengambil peran dalam industri tersebut.

“Ke depan mobil, motor (listrik) yang paling mahal ini baterainya, 50 persen. Ini yang lagi kita coba dalam jangka waktu 10 tahun ke depan,” kata Erick.

Mantan bos Inter Milan itu menambahkan, dia tak ingin dalam industri kendaraan listrik Indonesia hanya menjadi konsumen saja. Sebab, bahan baku untuk industri tersebut tersedia di dalam negeri.

“Supaya, jangan ke depan era baterai listrik kita jadi market lagi. Padahal nikel dari kita, bauksit dari kita. Bagaimana (bisa terwujud) kalau kita enggak ada keberpihakan,” ucap dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X