Bos Pertamina Tunjuk 5 CEO Subholding, Ini Daftarnya

Kompas.com - 14/06/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi logo Pertamina. SHUTTERSTOCK/Joachim AffeldtIlustrasi logo Pertamina.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melakukan pengukuhan terhadap jajaran direksi subholding perseroan. Langkah tersebut dilakukan setelah perusahaan pelat merah tersebut menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) akhir pekan lalu.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati melakukan pengukuhan terdapat lima subholding yang telah dibentuk yakni Upstream Subholding yang operasionalnya diserahkan kepada PT Pertamina Hulu Energi, Gas Subholding kepada PT Perusahaan Gas Negara.

Selanjutnya Refinery & Petrochemical Subholding kepada PT Kilang Pertamina Internasional, Power & NRE Subholding kepada PT Pertamina Power Indonesia, dan Commercial & Trading Subholding kepada PT Patra Niaga.

Baca juga: Kemenhub: Tidak Ada Kenaikan Tarif KRL

Selain itu, terdapat Shipping Company yang operasionalnya diserahkan kepada PT Pertamina International Shipping.

Nicke Widyawati mengatakan, pembentukan holding migas, merupakan inisiatif yang dilakukan untuk bisa beradaptasi dengan perubahan ke depan.

"Saat ini, lingkup bisnis Pertamina sangat luas, dengan tantangan dan kompetisi yang berbeda serta memiliki kekhususan risiko masing-masing," ujarnya dalam keterangan pers yang dikutip Minggu (14/6/2020).

Baca juga: Ini Tugas dari Erick Thohir yang Dibebankan ke Dirut Pertamina dalam 2 Tahun ke Depan

Selain itu melalui pembentukan subholding, Nicke menargetkan Pertamina dapat menjadi perushaaan energi dengan valuasi mencapai 100 miliar dollar AS.

"Karenanya, dengan subholding ini, setiap bisnis nantinya dapat bergerak lebih cepat dan lincah untuk pengembangan kapabilitas kelas dunia dan pertumbuhan skala bisnis yang akan menunjang Pertamina menjadi perusahan global energi terdepan," tuturnya.

Adapun pimpinan subholding yang ditunjuk oleh Nicke adalah sebagai berikut :

  • CEO Upstream Subholding (PT Pertamina Hulu Energi) dijabat Budiman Parhusip.
  • CEO Refinery & Petrochemical Subholding (PT Kilang Pertamina Internasional) Ignatius Tallulembang dengan didampingi Deputy CEO Budi Syarif Santoso.
  • CEO Power & NRE Subholding (PT Pertamina Power Indonesia) Heru Setiawan.
  • CEO Commercial & Trading Subholding (PT Patra Niaga) Mas'ud Khamid.
  • CEO Shipping Company (PT Pertamina International Shipping PIS) Erry Widiastono

Sebagai informasi, beberapa CEO Subholding tersebut sebelumnya adalah direksi Pertamina. Sedangkan Dharmawan Samsu serta Basuki Trikora Putra yang sebelumnya direksi Pertamina, mendapat tugas baru sebagai Komisaris Utama di Subholding.

Baca juga: Punya Bisnis Mebel, Berapa Kekayaan Presiden Jokowi Saat Ini?



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X