IHSG Diprediksi Menguat, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 15/06/2020, 08:08 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak menguat.

Pada perdagangan Jumat (12/6/2020) lalu, IHSG ditutup pada zona hijau dengan kenaikan 0,53 persen menjadi 4.880.36. Meski demikian secara keseluruhan, pekan lalu indeks acuan Bursa Efek itu mengalami pelemahan 1,36 persen dibanding pekan sebelumnya.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, koreksi pekan lalu bersifat terbatas.

“Segera kesempatan tersebut akan dimanfaatkan oleh investor asing untuk profit taking. Mengikuti pola dan tren secara teknikal, IHSG masih akan melanjutkan penguatannya. Saat ini pola yang terbentuk adalah pola rising wedge,” kata William, Senin (15/6/2020).

Baca juga: Simak, Berikut Proyeksi IHSG di Awal Pekan

Selain itu, kebijakan Bank Sentral Amerika yang tetap mempertahankan suku bunga dan memprediksi tidak akan menaikkan suku bunga sampai dengan tahun 2022, juga menjadi sentimen positif.

“Hal ini menjadi kabar baik bagi pasar negara berkambang termasuk Indonesia. Likuditas dollar AS juga akan sangat cair,” ujar dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

William memproyeksikan IHSG hari ini akan bergerak menguat pada kisaran 4.744 sampai dengan 4.956.

Sementara itu, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan penguatan IHSG terdorong oleh sentimen positif, dari dalam negeri karena kenaikan cadangan devisa, yang diindikasikan berasal dari aliran dana asing yang kembali ke pasar Indonesia.

Sebelumnya, Hans menilai kenaikan cadangan devisa dan kebijkan pemerintah memberlakukan masa transisi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) turut mendorong pergerakan positif IHSG.

“IHSG kami perkirakan berpeluang menguat pekan depan dengan kecenderungan menguat di awal pekan dan berpeluang koreksi di akhir pekan,” kata Hans, Minggu (14/6/2020).

Baca juga: IHSG Diproyeksikan Melemah, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X