Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Dijual di Warung, Apa Itu Telur Infertil?

Kompas.com - 15/06/2020, 08:32 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Telur ayam infertil masih saja banyak beredar di pasaran meski sudah lama dilarang pemerintah. Di kalangan peternak ayam, telur infertil populer disebut sebagai telur HE atau hatched egg. Ciri telur infertil biasanya berwarna lebih pucat atau warna cangkang cenderung keputihan

Telur HE merupakan telur yang berasal dari ayam perusahaan pembibitan atau breeding. Telur HE merujuk pada telur yang tak digunakan atau produk yang tak terpakai dari perusahaan breeding untuk menghasilkan anakan ayam atau day old chick (DOC) ayam broiler atau ayam pedaging.

Selain telur telur infertil, telur HE juga bisa berasal dari telur tertunas atau fertil. Berbeda dengan telur fertil, telur infertil adalah produk buangan karena tak bisa ditetaskan, sementara telur tertunas merupakan telur ayam yang sudah dibuahi.

Baik telur infertil maupun fertil yang sama-sama merupakan telur HE, yang merupakan telur hasil produksi dari ayam GGPS, GPS, dan PS yang hasil telurnya diperuntukkan ditetaskan DOC di perusahaan pembibitan, bukan untuk dijual sebagai telur konsumsi.

Baca juga: Telur Infertil Layak Konsumsi, Tapi Cepat Membusuk

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan), I Ketut Diarmita menjelaskan, sebenarnya telur HE layak konsumsi. Namun telur HE lebih cepat membusuk karena umumnya sudah cukup lama berada di perusahaan breeding. 

"Terkait telur HE sebenarnya pada aturan yang ada adalah integrator (perusahaan breeding) tidak boleh memperjualbelikan telur itu. Walaupun sebenarnya telur tersebut layak dikonsumsi," jelas Ketut kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pemerintah lewat Kementerian Pertanian melarang siapa pun menjual telur HE. Larangan ini diatur dalam Permentan Nomor 32 Tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi.

Dalam Bab III pasal 13 disebutkan, pelaku usaha integrasi, pembibit GPS, pembibit PS, pelaku usaha mandiri dan koperasi dilarang memperjualbelikan telur tertunas dan telur ayam infertil sebagai telur konsumsi (telur ayam infertil artinya)

Baca juga: Telur Ayam Infertil Dilarang Dijual di Pasar, Tak Layak Konsumsi?

Telur HE adalah bisa dibilang produk sisa dari industri farming perunggasan. Perusahaan breeding akan melakukan seleksi ketat pada telur-telur ayam yang ditetaskan menjadi DOC atau bibit ayam.

Agar bisa menghasilkan DOC berkualitas, perusahaan breeding mengawinkan ayam betina dengan pejantan yang diseleksi secara ketat. Terkadang, tak semua ayam betina dikawini oleh pejantan (terlewat). Atau kasus lain, pejantan mengawini betina, namun proses pembuahannya tidak sempurna.

Perusahaan breeding lalu menyeleksi telur yang dihasilkan ayam betina yang sudah dikawinkan ini. Dalam proses sortir ini, seringkali ditemukan telur yang tidak dibuahi. Telur inilah yang kemudian disebut sebagai telur infertil karena tak bisa ditetaskan.

Proses sortir telur biasanya dilakukan karyawan perusahaan breeding dengan melihat embrio di dalam telur lewat peneropongan. Seleksi ini dilakukan terus menerus, bahkan hingga telur sudah masuk ke mesin pengeraman. 

Baca juga: Larang Telur Ayam HE Dijual, Kementan Surati Perusahaan Breeding

Tak jarang, telur infertil dan telur yang pembuahannya tak sempurna lolos seleksi dan dimasukkan ke mesin tetas. Proses pengeraman (hatcher) dan penetasan telur itu memerlukan waktu sekitar 18-21 hari. Dalam satu mesin tetas, kapasitasnya bisa mencapai puluhan ribu telur.

Telur HE dari telur fertil

Telur HE tak hanya berasal dari telur sisa yang tak bisa ditetaskan atau infertil. Telur HE juga bisa berasal dari telur fertil atau tertunas.

Perusahaan breeding seringkali mengambil kebijakan untuk tidak menetaskan telur fertil yang sudah dibuahi pejantan. Alasannya antara lain suplai anakan ayam atau DOC yang sudah terlalu banyak, sehingga biaya menetaskan telur lebih mahal dari harga jual DOC.

Di Indonesia, harga DOC seringkali naik turun. Saat suplai anakan ayam di pasar melimpah, harga DOC biasanya merosot. Membuat perusahaan breeding enggan menetaskan telur ayamnya.

Baca juga: Telur Ayam Infertil Harusnya Dimusnahkan atau Dibagi Gratis, Bukan Dijual ke Pasar

Dalam kasus lainnya, perusahaan breeding juga seringkali mimilih tak menetaskan telurnya saat harga daging ayam broiler anjlok. Kondisi ini peternak tak lagi mampu menyerap DOC yang diproduksi perusahaan breeding untuk dibudidayakan sebagai ayam pedaging.

Dengan kata lain, perusahaan breeding menghindari menjual anakan ayam yang sudah terlanjur ditetaskan saat pasar lesu. Telur-telur yang tak ditetaskan inilah yang juga bisa dikategorikan sebagai telur ayam HE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com