Dilarang Dijual di Warung, Apa Itu Telur Infertil?

Kompas.com - 15/06/2020, 08:32 WIB
Apa itu telur Infertil? KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoApa itu telur Infertil?

JAKARTA, KOMPAS.com - Telur ayam infertil masih saja banyak beredar di pasaran meski sudah lama dilarang pemerintah. Di kalangan peternak ayam, telur infertil populer disebut sebagai telur HE atau hatched egg. Ciri telur infertil biasanya berwarna lebih pucat atau warna cangkang cenderung keputihan

Telur HE merupakan telur yang berasal dari ayam perusahaan pembibitan atau breeding. Telur HE merujuk pada telur yang tak digunakan atau produk yang tak terpakai dari perusahaan breeding untuk menghasilkan anakan ayam atau day old chick (DOC) ayam broiler atau ayam pedaging.

Selain telur telur infertil, telur HE juga bisa berasal dari telur tertunas atau fertil. Berbeda dengan telur fertil, telur infertil adalah produk buangan karena tak bisa ditetaskan, sementara telur tertunas merupakan telur ayam yang sudah dibuahi.

Baik telur infertil maupun fertil yang sama-sama merupakan telur HE, yang merupakan telur hasil produksi dari ayam GGPS, GPS, dan PS yang hasil telurnya diperuntukkan ditetaskan DOC di perusahaan pembibitan, bukan untuk dijual sebagai telur konsumsi.

Baca juga: Telur Infertil Layak Konsumsi, Tapi Cepat Membusuk

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan), I Ketut Diarmita menjelaskan, sebenarnya telur HE layak konsumsi. Namun telur HE lebih cepat membusuk karena umumnya sudah cukup lama berada di perusahaan breeding. 

"Terkait telur HE sebenarnya pada aturan yang ada adalah integrator (perusahaan breeding) tidak boleh memperjualbelikan telur itu. Walaupun sebenarnya telur tersebut layak dikonsumsi," jelas Ketut kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah lewat Kementerian Pertanian melarang siapa pun menjual telur HE. Larangan ini diatur dalam Permentan Nomor 32 Tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi.

Dalam Bab III pasal 13 disebutkan, pelaku usaha integrasi, pembibit GPS, pembibit PS, pelaku usaha mandiri dan koperasi dilarang memperjualbelikan telur tertunas dan telur ayam infertil sebagai telur konsumsi (telur ayam infertil artinya)

Baca juga: Telur Ayam Infertil Dilarang Dijual di Pasar, Tak Layak Konsumsi?

Telur HE adalah bisa dibilang produk sisa dari industri farming perunggasan. Perusahaan breeding akan melakukan seleksi ketat pada telur-telur ayam yang ditetaskan menjadi DOC atau bibit ayam.

Agar bisa menghasilkan DOC berkualitas, perusahaan breeding mengawinkan ayam betina dengan pejantan yang diseleksi secara ketat. Terkadang, tak semua ayam betina dikawini oleh pejantan (terlewat). Atau kasus lain, pejantan mengawini betina, namun proses pembuahannya tidak sempurna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X