Tetap Optimistis di Saat Bisnis Terdampak Pandemi

Kompas.com - 15/06/2020, 11:07 WIB
Kevin OLeary inc.comKevin OLeary

WASHINGTON, KOMPAS.com - Tiga bulan memasuki masa pandemi Covid-19, tingkat pengangguran terus merangkak naik.

Dalam masa seperti ini, tentu sangat sulit untuk tetap ulet dan optimistis terutama ketika seseorang terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK) atau ketika bisnis tak bisa beroperasi 100 persen karena pandemi ini.

Pebisnis sekaligus bintang Shark Tank, Kevin O'Leary mengatakan, beberapa orang memang tidak terbiasa dengan fenomena ini sehingga menyebabkan stres berkepanjangan. Namun, ada cara untuk melewati masalah ini.

Baca juga: Jack Ma hingga Pendiri Xiaomi, Apa Jurusan Kuliah 5 Miliarder China?

Berikut tips dari salah satu miliarder asal Kanada ini:

Jalankan rutinitas biasa

Dia menyarankan pekerja yang terkena PHK maupun pebisnis yang tak bisa menjalankan bisnisnya tetap melakukan rutinitas seperti hari-hari biasa.

"Tetaplah rutin. Saya masih bangun jam 5 setiap pagi dan duduk di atas sepeda dan berolahraga. Saya sudah melakukan itu selama bertahun-tahun. Saya tidak akan berhenti sekarang karena pandemi," kata O'Leary dikutip CNBC, Senin (15/6/2020).

Nyatanya, para ahli juga menyarankan hal serupa karena tetap melakukan rutinitas membuat seseorang kembali fokus dan mengurangi kecemasan.

"Jadi pergilah ke luar dan berjalan-jalan sedikit sesekali. Tapi ikuti protokol, pertahankan jarak sosial (physical distancing)," ujarnya.

Baca juga: Ada Gelombang PHK, Alibaba Malah Rekrut 5.000 Pegawai

Tetap terhubung

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X