Bantu UMKM Go Digital, Kemenkop UKM Gandeng Lazada

Kompas.com - 15/06/2020, 14:11 WIB
Ilustrasi artisteerIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM ( Kemenkop UKM) menggandeng Lazada meluncurkan program Kakak Asuh UMKM (KAU) untuk membantu UMKM Go Digital.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan inisiatif ini dilakukan untuk membina, memberdayakan, dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM di Indonesia agar bisa memiliki daya saing.

“Ini dalam upaya membantu para pelaku UMKM Indonesia agar dapat bersaing dan mengembangkan bisnisnya secara optimal melalui platform digital,” ujarnya saat peluncuran program yang dilakukan secara virtual, Senin (15/6/2020).

Baca juga: Kini Ada Aplikasi Kasvlo, Bantu UKM Mengelola Bisnis

Leo juga mengatakan kerja sama dengan Lazada Indonesia ini diharapkan bisa berjalan dengan baik dan menambah pengetahuan dan pengalaman di kemudian hari. Ia juga berharap agar program ini nantinya didukung oleh stakeholder ataupun e-commerce lainnya.

Sementara itu Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia Monika Rudijono mengatakan menyambut baik kerjasama ini karena seturut dengan visi dan dan misi yang dimiliki Lazada yaitu untuk selalu membantu para UMKM agar terus berkembang.

"Kami sangat senang atas kerjasama ini dan terimakasih tentunya. Apalagi dengan program ini sejalan dengan visi dan misi kami, sejauh ini kami juga sudah melakukan inisiatif untuk memberdayakan UMKM, agar mereka segera melakukan tranformasi digital dengan masuk ke platform e-commerce," katanya.

Monica juga mengatakan melalui Program KAU ini tidak hanya menjadi ajang perkenalan dan pemberdayaan UMKM, namun juga memberikan kesempatan kepada sellers Lazada yang telah berhasil agar dapat membimbing UMKM konvensional agar mereka juga dapat meraih sukses di pasar digital.

Baca juga: Lazada Bantu Jual Hasil Panen 2.500 Petani

Bagi pelaku UMKM yang ingin bergabung dengan program ini, disebutkan Monica, bisa mendaftarkan dirinya dengan mengunjungi situs resmi edukukm.id. Hanya saja pendaftaran ini akan dibuka dalam waktu tiga hari lagi.

Untuk skema dari program ini adala pertama calon Kakak Asuh harus mengikuti pelatihan digital marketing di Smesco atau telah berjualan online di Lazada, sebelumnya Lazada akan mengurasi untuk memastikan bahwa seller yang ingin menjadi Kakak Asuh adalah mereka yang memang penjual-penjual yang sudah memiliki jam terbang.

Kemudian, Kakak Asuh akan mencari hingga 3 UMKM yang ingin mereka bantu menjadi Adik Asuh yang disarankan berasal dari daerah mereka masing-masing. Kemudian Kakak Asuh ini harus mendaftarkan UMKM yang ingin mereka asuh untuk berjualan di Lazada menggunakan data UMKM.

"Lalu, kami akan memberikan konfirmasi email sebagai pertanda bahwa Kakak Asuh sudah bisa mengoperasikan toko UMKM di Lazada dan mulai membantu Adik Asuh mereka berjualan," jelas dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X