Menteri Edhy Lantik Komjen Pol Antam Novambar Jadi Sekjen KKP

Kompas.com - 16/06/2020, 07:35 WIB
Menteri KP Edhy Prabowo saat melantik Sektetaris Jenderal KKP Antam Novambar dan Staf Ahli Menteri Bidang Ekologi dan Sumber Daya Kelautan Pamuji Lestari di Gedung Mina Bahari III, KKP. Dok. KKPMenteri KP Edhy Prabowo saat melantik Sektetaris Jenderal KKP Antam Novambar dan Staf Ahli Menteri Bidang Ekologi dan Sumber Daya Kelautan Pamuji Lestari di Gedung Mina Bahari III, KKP.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo melantik 2 pejabat baru di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Adhy melantik Antam Novambar sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Pamuji Lestari sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Ekologi dan Sumber Daya Kelautan.

Pengangkatan kedua pejabat tersebut sesuai dengan surat Kepres Nomor 94/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari, dan, dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Pejabat baru akan memberikan warna yang lebih baru lagi bagi sektor kelautan dan perikanan," kata Edhy dalam siaran pers, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Mengintip Besaran Gaji Polisi, Lengkap dari Tamtama hingga Jenderal

Edhy mengingatkan 2 pejabat tersebut bahwa memajukan sektor kelautan dan perikanan tidaklah ringan. Oleh karena itu, dia meminta jajarannya agar terus menjaga kekompakan untuk mengatasi segala persoalan dan menjaga komunikasi yang baik dengan berbagai pihak.

"Selamat bertugas, apa yang menjadi kendala bisa kita atasi bersama," sambungnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di hadapan para pejabat yang hadir pada pelantikan tersebut, Edhy juga menegaskan pembangunan sektor kelautan dan perikanan sebagai kunci keberhasilan. Hal ini sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo agar sektor ini menjadi salah satu penguat ekonomi bangsa.

"Pembangunan kunci untuk berhasil. Sektor ini harus bisa menjadi sektor untuk menegakkan ekonomi," tegasnya.

Sebagai informasi, pelantikan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti jaga jarak (physical distancing), penggunaan masker serta penyediaan hand sanitizer dan tanpa berjabat tangan. Turut hadir dalam pelantikan tersebut Ketua MPR, Bambang Soesatyo, Ketua Komisi IV, Sudin serta sejumlah pejabat KKP.

Baca juga: Menteri KKP ke Jajarannya: Kita Bukan Bos...

Antam sendiri sudah ditugaskan di KKP sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekjen sejak 27 Februari 2020. Dia menggantikan Nilanto Prabowo yang kini didapuk sebagai Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan.

Pada  8 April 2020, Antam telah diangkat sebagai jenderal bintang tiga Polri alias Komisaris Jenderal Polisi. Pengangkatan ini berdasarkan Surat Telegram NOMOR.-STR/ IbM /1V/KEP./2020.

Sebelumnya Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra menyebutkan, Antam bakal memasuki masa purnawirawan pada November 2020. 

Antam Novambar merupakan mantan Wakil Kepala Bareskrim (Wakabareskrim). Sebelumnya  Antam juga pernah mengikuti tes calon pimpinan KPK periode 2019-2023.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk 2 Jenderal Jadi Komisaris Bukit Asam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.