Kembali Buka, Matahari Departement Store Berlakukan Protokoler New Normal

Kompas.com - 16/06/2020, 09:01 WIB
Seorang aparat Brimob Polda NTB tengah berjaga di gerai Matahari Mall Epicentrum Lombok, Senin (18/5/2020) Aparat berjaga untuk menjaga agar pengunjung tetap disiplin mengantri, jaga jarak dan disiplin pakai masker, mengingat jumlah pengunjung meningkat jelang lebaran Idul Fitri. FITRI RACHMAWATI S.SOSSeorang aparat Brimob Polda NTB tengah berjaga di gerai Matahari Mall Epicentrum Lombok, Senin (18/5/2020) Aparat berjaga untuk menjaga agar pengunjung tetap disiplin mengantri, jaga jarak dan disiplin pakai masker, mengingat jumlah pengunjung meningkat jelang lebaran Idul Fitri.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) kembali membuka pusat perbelanjaan sejak Senin (15/6/2020) dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 di area pusat perbelanjaan.

Pembukaan kembali gerai Matahari di Indonesia dimulai secara bertahap dengan pembukaan kembali 24 gerai di awal Mei 2020 dan sampai dengan 95 gerai pada saat Lebaran.

Sementara 15 dan 16 Juni 2020 ini gerai yang dibuka kembali mencapai 141 dari total 153 gerai.

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dikutip Selasa (16/6/2020), Matahari menyebutkan, pihaknya mulai aktif kembali pada 15 atau 16 Juni 2020 untuk area Jabodetabek, sementara untuk Bogor dijadwalkan tanggal 22 Juni 2020.

Baca juga: Matahari Raup Penjualan Rp 8,7 Triliun Sepanjang 2019

Perseroan juga memastikan protokoler new normal diberlakukan, yakni penerapan standar pencegahan Covid-19 di lingkungan perbelanjaan melalui peralatan kesehatan, keselamatan dan keamanan pelanggan termasuk staf.

CEO Matahari Terry O’Connor menyebutkan, pihaknya akan menerapkan kehati-hatian yang terukur, meliputi jarak aman, dan tim Matahari dilengkapi dengan peralatan pencegahan seperti sekat pelindung di kasir, tanda jaga jarak aman, sterilisasi produk, thermometer, masker dan hand sanitizer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami juga menerapkan langkah-langkah rekomendasi terbaik, agar kami dapat terus melayani pelanggan secara aman pada saat yang sulit ini bagi para staf, pelanggan dan keluarganya,” kata Terry melalui keterbukaan informasi BEI.

Adapun beberapa komitmen yang dijalankan Matahari Departement Store dalam masa transisi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) meliputi penyediaan kasir khusus untuk keluarga dan lansia, mendahulukan pekerja medis sebagai bentuk apresiasi, mengatur tata letak secara efisien mencakup produk primer dan kebutuhan bayi yang berada di lokasi yang mudah didapatkan.

Perseroan juga menjamin keamanan toko untuk berbelanja dengan membersihkan toko secara menyeluruh, menggunakan masker, dan menyediakan sanitizer untuk semua pelanggan yang datang. Selanjutnya perseroan juga menerapkan sistem jaga jarak di area perbelanjaan.

“Selama fase pembukaan kembali ini, Matahari telah diperiksa oleh otoritas setempat sebanyak 133 kali dengan tingkat kepatuhan 100 persen atas keamanan staf dan pelanggan. Saat ini kami akan memprioritaskan membantu rantai pasokan lokal secara bertahap dan meningkatkan pasokan produk lokal yang tidak dapat didapatkan selama periode penutupan karena alasan keamanan,” tegas Terry.

Baca juga: Rumahkan Karyawan, Matahari Jamin Tak Lakukan PHK dan Tetap Bayar Gaji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.