KILAS

Petani di Lampung Selatan Dapat Bantuan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tertier

Kompas.com - 16/06/2020, 17:08 WIB
Kementerian memiliki program program Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) untuk mendukung petani menghadapi kekeringan. DOK. Humas Kementerian PertanianKementerian memiliki program program Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) untuk mendukung petani menghadapi kekeringan.

KOMPAS.comPetani di Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, mendapat bantuan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tertier (RJIT) dari pemerintah.

Dengan bantuan tersebut, Kelompok tani (Poktan) Perigol II membangun jaringan irigasi tertier seluas 100 hektar, yang airnya bersumber dari Gunung Rajabasa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, ketersediaan air menjadi faktor penting dalam pertanian. Maka dari itu, langkah yang diambil petani di Desa Kuripan sudah benar.

“Ada beragam cara yang bisa ditempuh petani untuk mendapat air. Salah satunya dengan irigasi. Dengan cara ini, air yang mengalir bisa langsung didistribusikan ke lahan,” kata Syahrul, seperti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Petani Bisa Ajukan Pembangunan Jaringan Irigasi ke Dinas Pertanian

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Sarwo Edhy juga menyatakan hal serupa. Menurutnya, RJIT memang ditujukan untuk mendukung kelancaran irigasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sarwo menambahkan, saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) pun terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan irigasi tersier untuk mengatasi kekeringan pada musim kemarau.

“Lewat RJIT, saluran irigasi yang terganggu dibenahi dan alirannya diperluas. Kami harap hal ini berdampak pada peningkatan produktivitas panen,” kata Sarwo.

Sarwo pun berpesan agar infrastruktur pertanian yang telah dibangun dikelola dengan baik.

Baca juga: Kementan Gencarkan Program Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier

“Pemanfaatan serta pemeliharaan jaringan irigasi harus berjalan secara berkelanjutan,” kata Sarwo.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.