Kompas.com - 16/06/2020, 17:59 WIB
PT Blue Bird Tbk (BIRD) memperkenalkan armada taksi mobil listrik yang diberi nama e-Taxi. Ini merupakan salah satu inovasi yang digagas Blue Bird untuk membirukan langit Indonesia. Dok. ShutterstockPT Blue Bird Tbk (BIRD) memperkenalkan armada taksi mobil listrik yang diberi nama e-Taxi. Ini merupakan salah satu inovasi yang digagas Blue Bird untuk membirukan langit Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Minimnya pergerakan manusia selama pandemi Covid-19 menjadi pukulan telak bagi seluruh pelaku usaha yang bergerak di sektor transportasi.

CEO PT Blue Bird Tbk Noni Purnomo mengatakan, sejak merebaknya Covid-19 di Indonesia, pendapatan perusahaan terus menurun setiap bulannya.

"Februari alhamdulillah Bluebird revenue-nya lebih baik dibandingkan tahun lalu. Tetapi ternyata pada bulan Maret langsung turun 50 persen, bulan April langsung turun 70 persen," tuturnya dalam sebuah diskusi virtual, Senin (16/6/2020).

Baca juga: Kabar Tukar Guling Saham dengan Gojek, Ini Kata Blue Bird

Akibat menurunnya pendapatan, Blue Bird terpaksa melakukan pemangkasan jumlah armada.

"Jumlah armada jelas berkurang," katanya.

Langkah tersebut dilakukan guna menjaga kesehatan keuangan perusahaan di tengah pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita punya tanggungan yg besar sekali, 40.000 pengemudi dan karyawan yang bernaung. Juga para pelanggan kita yang setiap hari meskipun selama PSBB harus tetap melakukan perjalanannya," ujarnya.

Baca juga: PSBB Berlaku, Blue Bird Batasi Kapasitas Penumpang Hanya 50 Persen

Selain melakukan pemangkasan armada, Noni juga melakukan berbagai langkah penyesuaian terhadap pandemi Covid-19. Seperti di antaranya melakukan review target perusahaan.

Setelah melakukan penyesuaian, Noni menekankan, pihaknya tetap fokus menjalankan program-program tersebut.

"Jangan sampai setelah pandemi berakhir, energi kita sudah habis hanya untuk recovery," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.