Fadli Rahman, Milenial 33 Tahun di Kursi Komisaris Subholding Pertamina

Kompas.com - 16/06/2020, 19:06 WIB
Screenshot laman resmi Pertamina Hulu Energi Screenshot laman resmi Pertamina Hulu EnergiScreenshot laman resmi Pertamina Hulu Energi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang jadi Subholding Hulu Pertamina sudah menetapkan direksi dan komisaris yang baru, beberapa merupakan wajah lama. Salah satu nama yang paling menyita perhatian yakni Fadli Rahman.

Dia ditunjuk menjadi komisaris di usianya yang terbilang muda, yakni 33 tahun. Fadli merupakan pria kelahiran Jakarta, 5 Juli 1986.

Dikutip dari laman resmi PHE, Fadli menjabat sebagai Komisaris PT Pertamina Hulu Energi ( subholding Pertamina) sejak tanggal 20 Januari 2020.

Fadli Rahman merupakan lulusan Ekonomi Mineral dan Energi Colorado School of Mines (CSM) pada tahun 2016 (gelar Ph.D) dan 2013 (gelar M.S), sebelumnya meraih gelar Bachelor of Science di ITB pada tahun 2007.

Baca juga: Bos Pertamina: Harga BBM Bisa Saja Turun, tapi Kita Balik ke Zaman Dulu...

Menjadi Principal di Boston Consulting Group dari tahun 2016, sebelumnya Fadli Rahman juga dipercaya sebagai senior field engineer di Schlumberger tahun 2008 - 2011 dan reservoir engineer di Conoco Phillips pada tahun 2007 - 2008.

Sementara itu, posisi Komisaris Utama PHE dijabat Rinaldi Firmansyah yang merupakan wajah baru di subholding Pertamina di sektor hulu tersebut.

Dikutip dari Kontan, Rinaldi merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung pada tahun 1985, melanjutkan Master of Business Administration (MBA) di IPMI pada tahun 1988.

Pada tahun 1998, Rinaldi Firmansyah melanjutkan studi Chartered Financial Analyst (CFA) - AIMR di Charlottesvillee, USA. Dan pada tahun 2014, Rinaldi menempuh jenjang Doktor Manajemen di Universitas Padjajaran.

Baca juga: Dirut Pertamina: Kerja dengan Pak Ahok, Tak Lagi Bayar Endorse Mahal...

Rinaldi Firmansyah memulai karir di Schlumberger Wireline at North Sea, UK sebagai wireline engineer pada tahun 1985 – 1986.

Rinaldi juga kerap mengemban Komisaris di beberapa perusahaan, misal PT Semen Padang sebagai Komisaris dan Ketua Komite Audit tahun 2003 – 2004, CEO PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk tahun 2003 – 2004, PT PLN Batam, PT Elnusa Tbk, PT Indosat Tbk, PT Pinnacle Investama, PT Bluebird Tbk dan PT Indonesia Infrastructure Finance.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X