New Normal, Aplikasi Reservasi Online Bisa Jadi Solusi untuk Pengusaha

Kompas.com - 16/06/2020, 19:56 WIB
Ilustrasi new normal. Orang-orang mulai kembali bekerja di kantor. SHUTTERSTOCK/INTERSTIDIlustrasi new normal. Orang-orang mulai kembali bekerja di kantor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona atau Covid-19 mengubah tatanan masyarakat dunia. Hampir semua negara mengimbau warganya untuk tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak.

Perubahan tersebut juga berdampak luas di banyak sektor. Sebab, berubahnya aktivitas masyarakat tersebut membuat dunia usaha sepi, seperti bidang pariwisata, transportasi online, penjualan retail dan lainnya.

Namun kini, beberapa negara mulai melonggarkan kebijakan terkait mobilitas warganya, termasuk Indonesia. Kota-kota di Indonesia akan segera melonggarkan PSBB, termasuk Jakarta, Jawa Barat, Bali dan kota lainnya.

Baca juga: Kemenperin Sebut 5 Industri Ini Bakal Topang Ekonomi Nasional di Masa New Normal

Ambil contoh perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta hingga akhir Juni 2020. Masa perpanjangan PSBB ini disebut sebagai masa transisi.

Pada masa ini, sejumlah kegiatan sosial ekonomi secara bertahap kembali dimulai dengan menjalankan protokol-protokol yang harus ditaati, mulai dari protokol di rumah, pergerakan penduduk, pendidikan, aktivitas sosial ekonomi, hingga tempat kerja.

Salah satu protokol kesehatan yang diberlakukan adalah untuk sektor pariwisata terutama taman
rekreasi indoor dan outdoor, kawasan pariwisata dan taman margasatwa, dengan memberlakukan pengunjung 50 persen dari kapasitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya pelaku usaha diwajibkan untuk melakukan protokol kesehatan selama masa transisi dengan mengatur jumlah arus kunjungan.

Baca juga: Kembali Buka, Matahari Departement Store Berlakukan Protokoler New Normal

Melihat adanya kebutuhan untuk mengelola jumlah pengunjung, platform penyedia tiket online Goers memiliki solusi manajemen kunjungan (visitation management system) untuk mengontrol serta memonitor jumlah pengunjung yang datang secara real-time menggunakan platform digital.

Solusi manajemen kunjungan adalah online dan onsite registrasi, reservasi, e-ticketing dan booking secara digital, agar pemilik atau pengelola venue dapat mengelola antrian dan jumlah pengunjung yang akan hadir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.