Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci KitaBisa Bertahan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 17/06/2020, 18:06 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19 banyak perusahaan di Indonesia yang mengalami pukulan hebat. Bahkan tidak sedikit dari perusahaan yang harus gulung tikar akibat tidak adanya pemasukan kas.

KitaBisa merupakan perusahaan berbasis startup yang bergerak di bidang sosial dan sering melakukan penggalangan dana, memiliki strategi yang utama untuk bertahan di pandemi.

Co-Founder & CPO KitaBisa Vikra Ijas mengatakan, kunci utama yang menjadi strategi awal untuk bertahan adalah kolaborasi.

"Melakukan kolaborasi adalah hal yang paling penting dan harus kita lakukan di tengah pandemi. Dengan kolaborasi bisa membantu perusahaan kita untuk bisa bergerak terus di keadaan seperti ini," ujarnya dalam virtual conference, Rabu (17/6/2020).

Baca juga: Ini Strategi yang Disiapkan Garuda Hadapi Pandemi Covid-19

Vikra menyebutkan, dalam menjalankan kolaborasi ada hal yang lebih penting yang harus diperhatikan. Yaitu harus bisa memilih partner yang tepat, yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Dengan begitu target dan tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik, tepat dan berkepanjangan.

Ia mencontohkan hal yang dilakukan KitaBisa dengan perusahaan Gojek. KitaBisa menggandeng Gojek untuk meluncurkan fitur Go-Give.

Melalui fitur Go-Give yang ada di aplikasi Gojek, bisa membantu masyarakat yang ingin berdonasi di KitaBisa semakin lebih mudah.

Vikra mengakui, berkolaborasi bersama Gojek sangat membantu pihaknya menemukan targetnya, sehingga tujuan dari perusahaan pun ikut tercapai.

"Kami melihat saat ini masih banyak anak-anak yang masih sekolah yang tidak memiliki buku tabungan atau rekening, sementara kalau melihat Gojek, pasti semua orang mengenalnya. Dari sinilah kami melihat ada peluang untuk berkolaborasi dan kami merasa tertarik dengan Gojek untuk melakukan kerjasama," katanya.

Vikra juga menyebut semenjak melakukan kolaborasi bersama dengan Gojek, semakin banyak para donatur yang berdonasi di KitaBisa melalui fitur Go-Give.

"Kami mencatat bahkan ada lebih dari ratusan ribu donatur yang melakukan donasi di platform kami melalui fitur Go-Give ini. Bahkan yang awalnya masyarakat tidak mengenal platform kami, berkat bantuan Gojek kini kami bisa dikenal dan dipercayakan masyarakat untuk mendistribusikan bantuan donasi," jelas dia.

Baca juga: Tips dari Direktur Telkom agar UMKM Bisa Bertahan di Tengah Pandemi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com