Ada 15 Jalan Tol Baru yang Akan Diresmikan di 2020

Kompas.com - 17/06/2020, 21:30 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Ilustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akan ada 15 ruas jalan tol yang diresmikan sepanjang tahun 2020.

Dikutip dari Antara, Rabu (17/6/2020), Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Trisasongko Widianto, mengatakan setidaknya ada lima ruas tol yang sudah siap diresmikan pada Juni-Juli.

Jalan bebas hambatan baru yang segera diresmikan itu diantaranya Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang sepanjang 14 km, Pekanbaru – Kandis– Dumai Seksi 1- 6 sepanjang 131 km, dan Depok - Antasari Seksi 2 sepanjang 6 km.

"Jalan tol yang siap diresmikan pada 2020 sejumlah 15 ruas sepanjang 297 km," kata Trisasongko.

Dia menambahkan bahwa lima dari 15 ruas tol tersebut sudah siap diresmikan pada Juni-Juli tahun ini.

Baca juga: Mulai Besok, Tol Pakis-Malang Resmi Bertarif, Ini Besarannya

Kemudian Cimanggis - Cibitung Seksi 1A sepanjang 3 km, dan Manado-Bitung Seksi 1
& Seksi 2A sepanjang 21 km.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jalan tol yang siap dilelangkan tahun 2020 sejumlah 12 ruas jalan, sepanjang 669 km dengan perkiraan biaya investasi sebesar Rp242 triliun," kata dia.

Beberapa ruas tol yang siap dilelang tersebut, antara lain Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap, Jalan Akses Patimban, Jogja – Bawen, Solo – Yogyakarta – NYIA, dan Harbour Toll Road Semarang.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa sembilan proyek tol lainnya telah disiapkan dan segera memasuki prakualifikasi lelang pada Juni - Juli 2020.

Selain proyek jalan tol, Kementerian PUPR juga berencana melakukan lelang proyek sistem transaksi tol non-tunai berbasis multi-lane free flow (MLFF) di sektor jalan tol.

Baca juga: Sederet Aturan New Normal di Rest Area Jasa Marga yang Wajib Dipatuhi

Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X