BI Pangkas Suku Bunga, Rupiah Ditutup Menguat Tipis

Kompas.com - 18/06/2020, 16:52 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot mengalami penguatan tipis.

Mengutip data Bloomberg Kamis (18/6/2020) rupiah ditutup pada level Rp 14.078 per dollar AS. Rupiah menguat 5 poin atau 0,04 persen dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.083 per dollar AS.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan pasar merespon negatif penurunan ku bunga acuan BI 7-Days Reserve Repo Rate (BI 7DRRR) di level 4,25 persen oleh Bank Indonesia (BI).

Baca juga: Menguat, Berikut Kurs Rupiah di 5 Bank

Menurut Ibrahim, pasar mencermati penurunan suku bunga Bank Indonesia yang tidak dibarengi dengan penurunan suku bunga kredit.

Sehingga, kurang menarik bagi dunia usaha maupun rumah tangga untuk mengambil pinjaman mengakibatkan roda perekonomian kembali stagnan.

“Dengan suku bunga kredit tidak diturunkan mengakibatkan arus modal asing yang tadinya membanjiri pasar dalam negeri berangsur-angsur kembali keluar, sehingga upaya penurunan suku bunga Bank Indonesia sore ini direspon negatif oleh pasar,” kata Ibrahim.

Baca juga: Lanjutkan Penguatan, Rupiah Intip Level 14.000

Bank Indonesia juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi hanya akan berada di kisaran 0,9-1,9 persen tahun 2020, atau turun dari proyeksi sebelumnya yaitu 2,3 persen.

Namun pada tahun 2021, pertumbuhan ekonomi diperkirakan melonjak ke kisaran 5-6 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X