SOROT POLITIK

Airlangga Siap Tampung Keluhan UMKM Terkait Relaksasi Subsidi Bunga

Kompas.com - 19/06/2020, 11:27 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan rapat koordinasi Komite Pembiayaan UMKM lewat video conference, Rabu (8/4/2020) Dok. Humas Kemenko PerekonomianMenko Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan rapat koordinasi Komite Pembiayaan UMKM lewat video conference, Rabu (8/4/2020)

KOMPAS.com - Menteri Koordinator ( Menko) Perekonomian Airlangga Hartanto menyatakan, dirinya siap menampung keluhan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terkait relaksasi subsidi bunga.

“Kalau ada yang memberi tambahan persyaratan, silakan laporkan ke Kantor Menko. Kami akan lihat secara detail, siapa, di mana, dan banknya apa. Nanti akan saya dorong dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) supaya konkret,” kata Airlangga, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal tersebut dikatakan Airlangga, dalam webinar Kajian Ekonomi HIPMI #4 dengan tema Reset dan Transformasi Ekonomi Mendorong Peran Dunia Usaha dalam Mendorong Percepatan pemulihan Ekonomi Nasional.

Untuk diketahui, sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 11, pemerintah memberi subsidi bunga sebesar 6 persen kepada UMKM selama tiga bulan.

Baca juga: Pulihkan Ekonomi Nasional, Pemerintah Siapkan Rp 35,28 Triliun untuk Subsidi Bunga UMKM

Hal tersebut berlaku secara nasional, tanpa ada aturan tambahan. Jadi, bank tetap menerima pembayaran bunga dari pemerintah.

“Kantor Menko Perekonomian juga menangani Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan financial inclusion, sehingga hal ini menjadi perhatian utama,” kata Airlangga.

Dengan begitu, Airlangga berharap, para pengusaha bisa menciptakan lapangan kerja di tengah pandemi Covid-19.

“Saya percaya pengusaha itu selalu di atas rata-rata. Oleh karena itu, diharapkan bisa mencari jalan keluar di tengah situasi yang tidak menguntungkan ini,” kata Airlangga.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X