Lakukan Tes, 858 Orang Pegawai BPK Negatif Covid-19

Kompas.com - 19/06/2020, 13:31 WIB
Ketua BPK Agung Firman Sampurna KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAKetua BPK Agung Firman Sampurna

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK) Agung Firman Sampurna menyatakan, 858 orang pelaksana/pegawai BPK negatif Covid-19, usai dilakukan tes di Kantor Pusat BPK.

Dari 858 orang, terdapat 17 pelaksana BPK yang dinyatakan reaktif Covid-19 saat melakukan tes screening awal. Namun saat dilanjutkan mengikuti swab test/PCR, 17 pelaksana itu dinyatakan negatif.

"Yang di tes 858 orang pelaksana BPK yang bekerja di kantor pusat. Setelah dilakukan swab test untuk PCR, semalam 17 pelaksana itu negatif," kata Agung dalam konferensi video, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: BPK Wanti-wanti Pemerintah Agar PEN Tak Jadi Seperti BLBI atau Century

Agung menuturkan, langkah ini merupakan langkah preventif penularan virus di masa kebiasaan baru (new normal).

Sebab tak ada yang menjamin para pelaksana tetap sehat dan menerapkan pola hidup sehat saat bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

BPK kata Agung, telah menerapkan protokol yang baik sebagai bagian mendukung kebijakan presiden. BPK merupakan lembaga publik yang paling awal menerapkan WFH dan telah siap memulai prosedur kerja dengan tatanan normal baru.

Ke depan, pihaknya akan menerapkan prosedur pemcegahan dan tes untuk pegawai BPK di daerah, utamanya daerah yang berisiko seperti Jawa Timur.

"Untuk di daerah akan ada prosedur yang berbeda, tapi kita akan terapkan, termasuk di Jatim yang berisiko. Di daerah sejauh ini belum ada kasus-kasus. Kami berharap yang kami lakukan juga dilakukan sana di luar. Jadi kita tidak usah bertengkar dan ribut, lebih baik kita kerja konkret," pungkasnya.

Baca juga: Dapat Opini WTP dari BPK, Surplus Operasional BI Rp 33,35 triliun



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X