Cara Sri Mulyani Mengelola Stres: Teriak-teriak hingga Mendengar Orang Mengaji

Kompas.com - 19/06/2020, 14:02 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Jumat (13/3/2020). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku tahun ini merupakan tahun yang berat. Pasalnya, pandemi virus corona (Covid-19) tak hanya mengancam kondisi kesehatan masyarakat namun juga perekonomian negara.

Bendahara Negara itu pun mengaku selama bekerja dari rumah (work from home/ WFH), waktu bekerjanya menjadi lebih banyak dari biasa. Dia pun tak menyangkal jika kerap merasa stres dan kelelahan.

"Itu manusiawi, enggak menteri, dirjen, sekjen, direktur, perasaan lelah, itu manusiawi," jelas dia ketika memberikan arahan kepada jajaran kementerian Keuangan, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: WFH Bikin Sri Mulyani Kerja 24 Jam Sehari, 7 Hari dalam Seminggu...

Namun demikian menurut dia, setiap orang harus memiliki cara untuk menjaga daya tahan serta kualitas kerja sehingga mampu dan terlatih menghadapi situasi krisis.

Sri Mulyani pun mengatakan, memiliki cara-cara tersendiri dalam menghadapi krisis berdasarkan pengalaman sebelumnya.

"Memang banyak teman-teman di Kemenkeu mengatakan, Ibu Menteri kerjanya cukup panjang juga ya, sudah merasakan endurance luar biasa. Berarti saya harus mengambil energi yang banyak, waktu tidur, untuk saya istirahat, reset pikiran saya, tetap harus dilakukan," jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Terkadang dengan mendengarkan lagu, mendengarkan orang ngaji, kadang saya olah raga, nyanyi, teriak-teriak sendiri, itu cara saya saya melakukan, Anda semua punya cara sendiri untuk menyalurkan perasaan," ujar dia.

Baca juga: Kemenkeu: Perekonomian Terancam Bergerak ke Skenario Sangat Berat...

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.