KILAS

Cara Aman Bayar Tagihan saat Fase “New Normal”

Kompas.com - 19/06/2020, 18:30 WIB
ilustrasi dompet digital shutterstockilustrasi dompet digital

KOMPAS.com – Bagi orang yang memiliki berbagai cicilan atau tagihan, baik itu listrik, air, hingga kartu kredit, membayar tepat waktu adalah upaya penting untuk menghindari pengeluaran berlebih.

Pasalnya, telat membayar berarti bersiap menerima konsekuensi tambahan bunga, penalti, atau tambahan tagihan lainnya.

Meski demikian, membayar tagihan di masa pandemi Covid-19 sekarang ini bisa menjadi tantangan tersendiri agar tetap terhindar dari penyakit yang belum ditemukan vaksinnya ini.

Terlebih, kini pemerintah telah pelan-pelan mulai membuka aktivitas ekonomi masyarakat di masa transisi yang disebut kenormalan baru atau new normal.

Lewat kebijakan itu, pegawai baik dari aparatur sipil negara (ASN), pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan swasta akan mulai masuk kantor.

Baca juga: Dukung Anjuran BI untuk Transaksi Nontunai, ShopeePay Hadirkan Beragam Inovasi

Beberapa tempat publik seperti toko, restoran, rumah ibadah, serta usaha kecil dan menengah akan dibuka dengan kapasitas setengahnya.

Itu berarti, keramaian pun akan mulai bertambah sehingga perlu siasat tersendiri dalam berbelanja atau membayar tagihan agar tetap terhindar dari Covid-19.

Bayar tagihan aman, ya dari rumah

Salah satu cara paling aman untuk melunasi tagihan di masa new normal adalah membayar dari rumah secara nontunai.

Membayar secara tunai alias bertransaksi secara konvensional bertatap muka memang sebaiknya masih perlu dihindari dalam masa transisi ini.

Baca juga: Belanja Kebutuhan Harian Kini Makin Mudah dengan ShopeePay

Satu hal yang perlu diketahui adalah banyak aturan menyangkut protokol kesehatan yang harus dipatuhi jika ingin ke luar rumah saat new normal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X