KILAS

Begini Cara Dukung UMKM yang Berperan Besar dalam Perekonomian Bangsa

Kompas.com - 20/06/2020, 09:00 WIB
Produk UMKM asal Yogyakarta, JM Decor KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAProduk UMKM asal Yogyakarta, JM Decor

KOMPAS.com – Kontribusi usaha mikro kecil menengah ( UMKM) terhadap perekonomian Indonesia memang cukup besar.

Dilansir dari situs Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), peran UMKM yang pertama adalah memperluas kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja.

Manfaat selanjutnya adalah dalam pembentukan produk domestik bruto (PDB) dan penyediaan jaring pengaman, terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah demi menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

Kementerian Koperasi dan UKM RI menyebutkan, berdasarkan Sensus Badan Pusat Statistik 2016, UMKM menyerap hingga 89,2 persen dari total tenaga kerja.

Baca juga: Dukung Anjuran BI untuk Transaksi Nontunai, ShopeePay Hadirkan Beragam Inovasi

Selain itu, UMKM menyediakan hingga 99 persen dari total lapangan kerja, menyumbang 60,34 persen dari total PDB nasional, 14,17 persen dari total ekspor, dan 58,18 persen dari total investasi.

Oleh karena itu, UMKM perlu didukung semua pihak, baik pemerintah, maupun masyarakat Indonesia.

Untungnya, saat ini produk lokal hasil UMKM makin digemari kaum millenial di Tanah Air. Salah satu sebabnya karena produk yang dihasilkan ternyata memang berkualitas. 

Sebagai contoh kopi lokal.  Produk ini digemari para milenial karena adanya inovasi dalam menyuguhkan kopi dengan cara dan rasa berbeda, misal dengan topping boba.

Cara itu ternyata berhasil menarik minat milenial.

Baca juga: ShopeePay Gandeng JNE, Pelanggan Bisa Dapat Promo Cashback Hingga 60 Persen

Tak hanya kopi, produk fesyen lokal kini juga kian digemari milenial. Hal ini bisa dilihat saat ajang Bekasi Clothing Expo (Jakcloth) di Bundaran Tarian Langit Kota Harapan Indah, Kota Bekasi, Rabu (29/5/2019).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X