Rekam Jejak Rizal Mallarangeng: Relawan Jokowi, Kini Komisaris Telkom

Kompas.com - 20/06/2020, 16:20 WIB
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Rizal Malarangeng (tengah) didamping Ketua DPD Partai Golkar Papua Klemen Tinal (kedua dari kiri) sedang memberikan keterangan pers usai pembukaan Musda DPD Partai Golkar Papua, Jayapura, Papua, Senin (9/3/2020) malam KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDIWakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Rizal Malarangeng (tengah) didamping Ketua DPD Partai Golkar Papua Klemen Tinal (kedua dari kiri) sedang memberikan keterangan pers usai pembukaan Musda DPD Partai Golkar Papua, Jayapura, Papua, Senin (9/3/2020) malam

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN, Erick Thohir, mengangkat Rizal Mallarangeng sebagai Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom. Pengangkatannya dilakukan lewat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Jumat (19/6/2020).

Rizal masuk jadi sederet politikus yang menjabat sebagai komisaris di perusahaan pelat merah. Pria asal Makassar ini tercatat sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar periode kepengurusan 2019-2024.

Di Partai Beringin itu, Rizal jadi satu dari sebelas wakil ketua umum yang membantu tugas Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Bekalangan, Rizal mundur dari posisinya karena seorang pengurus partai dilarang menjadi direksi dan komisaris BUMN.

Rizal juga dikenal sebagai adik dari Andi Mallarangeng yang juga seorang politikus dan pernah menjadi Juru Bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga: Jadi Direktur Telkom, Fajrin: Saatnya Saya Membantu Indonesia Lebih Maju Lagi

Dari rekam jejaknya, Rizal tercatat juga pernah aktif relawan pemenangan Jokowi-Ma'ruf saat Pilpres 2019. Posisinya sangat strategis, yakni sebagai Koordinator Nasional Relawan Golkar Jokowi ( Gojo), organisasi sayap milik Partai Golkar.

Gojo sendiri bisa dikatakan sebagai kelompok relawan Jokowi yang sedari awal berada di barisan pendukung mantan Wali Kota Solo tersebut. Gojo juga didirikan untuk fokus menggarap pemilih milenial.

Selain aktif menggalang dukungan untuk Jokowi lewat Gojo, Rizal juga masuk dalam Tim Kemenangan Nasional atau TKN Jokowi-Ma'ruf.

Rizal bertugas di tim penugasan khusus dalam TKN bersama lima orang lainnya. Kelimanya ialah Nusyirwan Soejono, Yanuar Prihatin Bagdja, Iman Adaraqutni, Inas Nasrullah Zubir, dan Isyana Bagoes Oka.

Baca juga: Daftar Relawan Jokowi Saat Pilpres di Kursi Komisaris BUMN Karya

Keenam tim khusus TKN tersebut terdaftar resmi dalam struktur tim sukses pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Selain Rizal, ada politisi lain dari partai pendukung pemerintah di jajaran kursi Komisaris Telkom. Dia adalah Wawan Iriawan yang dikenal sebagai kader Partai Nasdem.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X