5 Hal Ini Bisa Memotivasi Diri Untuk Menabung dan Investasi

Kompas.com - 21/06/2020, 09:19 WIB
Ilustrasi mempersiapkan dana pensiun SHUTTERSTOCK/LOVEYDAY12Ilustrasi mempersiapkan dana pensiun

KOMPAS.com - Memulai suatu kebiasaan baik itu tidak mudah. Banyak tantangannya. Termasuk memulai kebiasaan baik seperti menabung dan investasi. Godaannya beragam mulai dari belanja online, jajan makanan dan minuman kekinian hingga liburan/staycation.

Akhirnya, menabung dan investasi hanya menjadi wacana saja. Kenyataannya, menghabiskan uang untuk kesenangan diri lebih mudah dilakukan ketimbang menyimpan uang. Setuju?

Ada kecenderungan membelanjakan uang lebih mudah daripada menyimpan atau menginvestasikannya untuk tujuan keuangan di masa depan. Padahal, banyak impian yang ingin Anda wujudkan tapi kesadaran untuk memulai kebiasaan baik keuangan seperti menabung dan investasi selalu tak terealisasi.

Coba tanyakan ke diri Anda sendiri, sudahkah Anda mengelola keuangan dengan baik? Sudahkah anda memiliki nilai ideal untuk tabungan dana darurat dan investasi?

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk memulai menabung dan investasi, kini saatnya Anda sadar. Rubahlah kebiasaan buruk keuangan Anda sebelum semuanya terlambat. Berikut gambaran situasi yang bisa membuat Anda termotivasi untuk menabung dan investasi, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ingat Roda Kehidupan Tidak Selalu Sama

Jika situasi keuangan Anda saat ini penuh dengan kemudahan finansial, semisal kerja dengan gaji tinggi. Maka bersyukurlah, namun ingat Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari.

Bisa saja hidup akan berubah 180 derajat, gaji tinggi yang Anda miliki bisa saja hilang karena tiba-tiba terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) atau terpotong 50 persen karena dampak pandemic Covid-19.

Ingat, roda kehidupan tidak selalu sama. Terkadang Anda berada di atas, dan bisa saja besok Anda berada di bawah. Coba pikirkan apa yang akan terjadi jika Anda tiba-tiba kehilangan pekerjaan dan pendapatan berkurang? Cukupkah uang tabungan dana darurat dan investasi?

Biasakan diri untuk mulai menabung dan investasi. Lakukan pelan-pelan saja, mulai dengan jumlah kecil namun konsisten dan disiplin.

2. Siap Sedia dengan Kejadian Tak Terduga

Ada banyak hal-hal terduga yang dapat terjadi dalam hidup ini, misalnya sakit, PHK, atau musibah kecelakaan. Semua kejadian tak terduga itu membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X