Tips Mengelola Uang untuk Single Parents di Era New normal

Kompas.com - 21/06/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi single parent.
www.shutterstock.comIlustrasi single parent.

KOMPAS.com - Menjalani kehidupan sebagai seorang single parent tentu tidak mudah. Apalagi di tengah situasi pandemi virus corona saat ini, orang tua tunggal atau single parents dituntut untuk bisa multitasking seperti menjaga rumah, anak dan keuangan dengan baik.

Menyoal uang, mengelola uang dengan baik itu penting agar tidak terjerat dalam tumpukan utang yang disebabkan oleh kebiasaan keuangan yang buruk. Ditambah dengan biaya pendidikan yang tidak murah sebab setiap tahun diprediksikan mengalami kenaikan.

Buat para single parents, memikirkan semua itu bisa jadi membuat Anda pusing dan stres. Namun, di tengah pandemi ini yang utama adalah menjaga kesehatan Anda dan anak.

Setelahnya baru memikirkan urusan biaya kebutuhan hidup hingga biaya pendidikan. Tak perlu overthinking semua ada solusinya. Berikut cara cermat mengelola uang buat single parents di era new normal, seperti di kutip dari Cermati.com.

1. Buat Manajemen Finansial

Poin paling penting yang menjadikan seorang single parent bisa menghidupi keluarga dengan baik yakni dengan memiliki manajemen keuangan yang tepat. Buatlah manajemen finansial sederhana yakni membuat pos-pos keuangan bulanan.

Alokasikan anggaran untuk pos keuangan penting seperti pos biaya hidup (kebutuhan makan sehari-hari, transportasi, listrik, air, internet) pos kebutuhan anak (bayar sekolah dan uang jajan), pos bayar cicilan (KPR, Kartu Kredit, Motor/Mobil, Asuransi) lalu pos tabungan dana darurat dan investasi. Sisanya, baru pos hiburan (uang jalan-jalan atau belanja konsumtif).

Jangan lupa, tambahkan juga pos kesehatan di era new normal. Alokasikan uang ini untuk membeli vitamin, hand sanitizer hingga masker. Latih diri Anda untuk bijak mengelola keuangan bulanan dengan baik, hingga bijak menggunakan kartu kredit dan dompet digital untuk memenuhi kebutuhan keluarga Anda.

2. Cari Tambahan Pendapatan

Langkah yang satu ini sifatnya wajib, terlebih lagi untuk para ibu yang menjadi orang tua tunggal. Apabila mantan suami masih menanggung biaya hidup anak, hal tersebut tentu cukup melegakan.Jika tidak, maka Anda harus kreatif untuk mencari tambahan pemasukan.

Apabila Anda sudah memiliki pekerjaan full time, maka usahakan untuk menambah pendapatan dengan cara-cara yang mudah. Misalnya membuka toko online, menjadi reseller, atau menerima pekerjaan lain sesuai kemampuan Anda.

Pastikan Anda bisa membagi waktu dengan baik ketika bekerja dan merawat anak. Memiliki dua pekerjaan memang tidak mudah, namun jika Anda bisa membagi waktu dengan baik, semuanya akan terasa ringan, ditambah uang yang didapatkan bisa menjadi penyemangat Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X