Kemarahan Warga India dan Sulitnya Melepas Ketergantungan HP China

Kompas.com - 21/06/2020, 11:46 WIB
Manu Kumar Jain, Global Vice President Xiaomi. Facebook/Manu Kumar JainManu Kumar Jain, Global Vice President Xiaomi.

KOMPAS.com - Hubungan China dan India tengah menegang. Tentara penjaga perbatasan kedua negara terlibat bentrokan berdarah dan menewaskan setidaknya 20 orang pasukan India, sementara China belum merilis laporan resmi jumlah korban di pihaknya ( konflik perbatasan India dan China).

Di berbagai kota di India, kemarahan warga diluapkan dengan membakar bendera dan produk-produk buatan China. Sejak beberapa hari terakhir, seruan boikot produk made in China juga semakin meluas.

India dengan populasi penduduk terbesar kedua dunia, jadi pasar penting bagi produk-produk impor asal China. Salah satu produk Negeri Tirai Bambu yang paling mendominasi di pasar India yakni smartphone.

Dilansir dari Business Insider, Minggu (21/6/2020), 4 dari 5 merek handphone penjualannya paling laris di India berasal dari Negeri Tirai Bambu. Samsung yang berasal dari Korea, jadi satu-satunya merek non-China yang berada di urutan 5 besar tersebut.

Baca juga: Adu Kuat Anggaran Belanja Militer China Vs India

Harga yang murah namun dengan spesifikasi mumpuni, membuat smartphone dari pabrikan China sulit tergantikan di India, terutama di kalangan masyarakat menengah dan menengah ke bawah.

Merek paling laris di pasaran India adalah Xiaomi dengan pangsa pasar sebesar 30 persen. Artinya, 3 dari 10 orang di India adalah pengguna ponsel besutan perusahaan yang didirikan Lei Jun pada 2010 tersebut.

Penjualan Xiaomi di India terus mengalami peningkatan. Di kuartal I 2020, penjualan Xiaomi di India masih bisa tumbuh sebesar 6 persen meski sempat tertekan pandemi virus corona.

Xiaomi mendominasi pasar segmen kelas menengah di India lewat produk andalannya Redmi. Di negara Bollywood ini, harga HP China keluaran Xiaomi rata-rata dibanderol seharga di bawah 20.000 rupee atau Rp 3,73 juta (kurs Rp 186).

Baca juga: Kremasi Tentara yang Gugur, India Juga Bakar Foto Xi Jinping

Selain Xiaomi, ketergantungan masyarakat India pada HP China semakin terasa dengan besarnya pangsa pasar pabrikan China lainnya antara lain Vivo dengan kue pasar 17 persen, Realmi 14 persen, dan Oppo 12 persen.

Tak cuma jadi penguasa pasar segmen menengah dan menengah ke bawah, handphone produk China juga sangat kuat di pasar smartphone segmen menengah atas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X