BPS: 7 dari 10 Masyarakat Ekonomi Bawah Mengalami Penurunan Pendapatan

Kompas.com - 22/06/2020, 14:40 WIB
Ilustrasi THR. Thinkstockphotos.comIlustrasi THR.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, pandemi virus corona (Covid-19) membawa dampak penurunan pendapatan masyarakat.

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan BPS penurunan pendapatan terjadi di seluruh lapisan masyarakat dari bawahb hingga atas.

Namun demikian, penurunan yang paling dalam terjadi pada penududk berpendapatan rendah atau di ksaran 1,8 juta per bulan.

"Pada penduduk pendapatan rendah, tujuh dari 10 orang (70,53 persen) berpendapatan rendah menurun pendaptannya, sementara menengah ke atas tiga dari 10 (30,34 persen)," ujar Suhariyanto ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (22/6/2020).

Baca juga: BPS: Ekonomi RI Bakal Alami Kontraksi di Kuartal II 2020

"Artinya dampak Covid-19 lebih dalam ke masyarakat berpendapatan rendah, karena pendapatan mereka berkurang, maka pola konsumsi berkurang," jelas dia.

Dalam bahan paparannya Suhariyanto menjelaskan terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Suhariyanto, meski tidak ada pengurangan konsumsi terhadap produk makanan dan kesehatan, namun ada kemerosotan konsumsi untuk BBM hingga tranpsortasi umum.

Di sisi lain, ada kenaikan pengeluaran untuk pulsa dan paket data.

"Jadi ada sektor-sektor yang mengalami kemunduran tapi ada yang mengalami gain," jelas dia.

Suhariyanto pun menyatakan, perekonomian RI pada kuartal II tahun ini bisa dipastikan bakal mengalami kontraksi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X