Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Hal-hal Kecil Ini Kamu Bisa Hemat Jutaan Rupiah Lho...

Kompas.com - 23/06/2020, 07:50 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki periode tatanan kehidupan baru atau new normal, masyarakat terpaksa harus merogoh kocek lebih dalam untuk kembali beraktifitas di tengah ancaman penyebaran virus corona yang belum mereda.

Pasalnya, dengan masih tingginya potensi penyebaran Covid-19, tidak sedikit masyarakat yang memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum dalam beraktifitas.

Bukan hanya itu, berbagai jenis perlengkapan dan obat-obatan juga perlu disiapkan sebagai kewajiban dan kebutuhan selama kembali berkatifitas yang tetap memprioritaskan protokol kesehatan.

Baca juga: Hadapi New Normal, Gunakan Perhitungan ini Agar Keuangan Tetap Sehat

Perencana keuangan Andy Nugroho mengatakan, meningkatnya kebutuhan pengeluaran, sementara pada saat bersamaan pendapatan tidak berubah, maka perlu dilakukan perubahan penganggaran selama periode new normal agar kesehatan kondisi keuangan tetap terjaga.

"Kita harus mengakali pengeluaran kita agar tidak jebol," katanya kepada Kompas.com, Senin (22/6/2020).

Salah satu cara yang dipat dilakukan adalah dengan mengurangi porsi pengeluaran yang dinilai tidak terlalu perlu.

"Semisal untuk belanja makanan atau jajanan yang bersifat bukan luxurious ataupun tambahan semisal berbagai macam cemilan," ujarnya.

Sebagai contoh, tidak sedikit orang yang hampir setiap hari merogoh kocek sekitar Rp 20.000 untuk membeli sebuah kopi susu. Dengan tidak membeli sama sekali kopi susu selama satu bulan, maka uang yang bisa dihemat mencapai sekitar Rp 600.000. Kalau disetahunkan penghematan kamu bisa mencapai Rp 7,2 juta

"Selain itu juga bisa menahan diri untuk tidak belanja semisal pakaian ataupun perabotan rumah tangga yang dirasa belum terlalu dibutuhkan," kata Andy.

Baca juga: Freelancer Lebih Sulit Atur Keuangan? Coba Dulu Cara Ini

Belanja baju atau perabotan baru memang memiliki rentang harga yang variatif. Dengan tidak melakukan pengeluaran untuk kebutuhan tersebut, Anda bisa menghemat ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah.

Lalu, Andy juga menyarankan kepada masyarakat untuk tidak terburu-buru berpergian ke mal, restoran, atau kafe meski saat ini sudah dibuka oleh pemerintah.

Apabila diasumsikan, setiap berpergian ke restoran atau kafe menghabiskan Rp 100.000 dan setiap minggunya hal tersebut dilakukan hingga 3 kali, uang yang bisa dihemat setiap bulannya mencapai Rp 1,2 juta. Kalau setahun, kamu bisa menghemat Rp 14,4 juta.

Dari dua hal "sepele" ini saja kamu dalam setahun bisa menghemat lebih dari Rp 20 juta.

Baca juga: Simak, 5 Cara Susun Anggaran Keuangan Pribadi di Tengah Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com