Kompas.com - 23/06/2020, 14:41 WIB
Ilustrasi bank Thinkstockphotos.comIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan, tidak semua bank kebal terhadap kondisi pemburukan akibat pandemi Covid-19.

Secara individual, bank-bank kecil merupakan yang paling rentan mengalami risiko likuiditas.

Direktur Grup Riset LPS Iman Gunadi mengatakan, permasalahan likuiditas bukan terjadi pada industri perbankan, namun lebih kepada ketahanan individual bank.

 

Baca juga: Bank BUKU I, Ini Saran Bos BCA agar Bertahan di Tengah Pandemi

Sayangnya, beberapa bank kecil akan sulit mendapat pasar dan menjadi yang paling rentan akibat Covid-19.

"Bank kecil adalah yang rentan di kondisi seperti ini, karena permodalan tidak cukup besar, DPK terpusat di beberapa deposan saja, dan risiko kreditnya juga meningkat," kata Iman dalam konferensi video, Selasa (23/6/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Iman menuturkan, secara keseluruhan kondisi fundamental perbankan masih dalam posisi stabil.

Data Otoritas Jasa Keuangan per April 2020 menunjukkan, rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) masih terjaga di level 22,03 persen, ROA 22,03 persen, BOPO 84,84 persen, dan rasio kredit bermasalah atau NPL gross terjaga di level 2,89 persen.

Baca juga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir, Kondisi Perbankan Stabil dan Terjaga

Kendati dia tak memungkiri, ada penurunan ROA dari periode Maret-April. Kebanyakan perbankan sudah mengandalkan pendapatan dari fee based income alih-alih suku bunga kredit yang permintaannya memang menurun.

Akibatnya, LDR menunjukkan tendensi penurunan. Dia pun memprediksi, pertumbuhan kredit pada 2020 ini akan mengecil sekitar 1 persen.

"Tapi kondisi perbankan secara relatif masih memiliki cukup likuiditas untuk menghadapi gejolak dan perlambatan akibat pandemi Covid-19," tuturnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.