Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz Life Indonesia Catat Laba Bersih Rp 1,17 Triliun pada 2019

Kompas.com - 23/06/2020, 14:42 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia Cui Cui mengatakan, PT Asuransi Allianz Life Indonesia berhasil membukukan kinerja yang positif di tahun lalu. Laba bersih tercatat mencapai Rp 1,17 Triliun sepanjang tahun 2019.

"Nilai ini tumbuh sebesar 48,66 persen year on year (yoy) dari posisi sebelumnya (2018) senilai Rp 792,27 miliar," ujarnya dalam pressconference virtual, Selasa (23/6/2020).

Baca juga: Sri Mulyani Ungkap Program Kementerian Kerap Tak Sesuai Kebutuhan Daerah

Cui Cui juga menyebut laba bersih tersebut dapat tumbuh akibat ditopang oleh beberapa hal. Misalnya saja pada investasi yang mengalami pertumbuhan, bila pada tahun 2018 investasi Rp 419,92 miliar, maka pada 2019 angkanya melonjak 490,78 persen menjadi Rp 2,48 triliun.

Selain itu, perusahaan juga meraup pendapatan premi sebesar Rp 13,25 triliun sepanjang 2019.

"Nilai ini tumbuh sebesar 23,83 persen year on year (yoy) dari posisi yang sama di tahun sebelumnya yaitu senilai Rp 10,7 triliun," katanya.

Tak hanya itu, dua saluran distribusi perusahaan juga menunjukkan angka peningkatan. Untuk saluran distribusi keagenan tumbuh sebesar 33 persen year on year (yoy) dan Bacanssurance tumbuh 20,2 persen.

Baca juga: Ada Temuan Beras Bansos Tak Layak Konsumsi, Apa Kata Buwas?

Sementara itu, Country Manager & President Director Allianz Life Indonesia Joos Louwerier mengatakan, pertumbuhan kinerja perusahaan ini tidak terlepas dari adanya layanan digitalisasi.

Ia menyebutkan, Allianz berhasil membangun digital ekosistem yang baik bagi saluran penjualan online maupun offline.

"Dalam digital ekosistem kita di tahun 2019 ada 92 persen e-submission yang dilakukan dan durasi proses polisnya hanya dilakukan dalam waktu 5 menit. Namun, jika dibandingkan beberapa tahun lalu proses polis itu memakan waktu 7 hari hingga 9 hari," kata dia.

Baca juga: Allianz Life Indonesia Bayar Klaim Terkait Covid-19 Sebesar Rp 9 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com