Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini, Rupiah Menguat Jadi Rp 14.135 Per Dollar AS

Kompas.com - 24/06/2020, 09:38 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (24/6/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.14 WIB rupiah berada pada level Rp 14.135 per dollar AS atau menguat 26 poin (0,19 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.161 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan potensi penguatan untuk rupiah terhadap dollar AS karena pasar kembali merespon positif potensi pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Baca juga: IHSG Pagi Ini Dibuka Pada Zona Hijau

“Data indeks aktivitas manufaktur dan sektor jasa yang dirilis kemarin di kawasan Eropa, Australia dan AS menunjukkan pemulihan,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Dengan rilis data manufaktur yang positif, maka pembukaan ekonomi yang sudah dilakukan selama ini dinilai pasar berhasil dalam memulihkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

Di sisi lain, lelang sukuk kemarin memperlihatkan minat investor yang masih tinggi terhadap Indonesia. pemerintah berhasil menjual surat berharga melebihi target yang berarti minat cukup tinggi.

“Minat investor ini menjadi sentimen positif bagi pergerakan rupiah hari ini,” ucapnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada level Rp 14.050 per dollar AS sampai dengan Rp 14.200 per dollar AS.

Baca juga: Hari Ini, Harga Emas Antam Naik Rp 8.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com