Pemerintah Sebut Program Padat Karya Tunai Sudah Serap 144.163 Tenaga Kerja

Kompas.com - 24/06/2020, 13:10 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam Konsultasi Regional (Konreg) PUPR 2020 di Manado, Senin (2/3/2020). Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam Konsultasi Regional (Konreg) PUPR 2020 di Manado, Senin (2/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut Program Padat Karya Tunai (PKT/cash for work) sudah menyerap 144.163 tenaga kerja hingga pertengahan Juni 2020.

Adapun total anggaran yang telah disalurkan dari program PKT 2020 yakni sebesar Rp 2,16 triliun.

“Selain untuk menpercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa/ pelosok," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Baca juga: Cara Aktivasi PIN Kartu Kredit Bank Mandiri lewat ATM

"Pola pelaksanaan PKT nanti juga harus memperhatikan protokol physical & social distancing untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” sambungnya.

Ia mengatakan, program PKT Kementerian PUPR dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat setempat. Infrastruktur tersebut utamanya yang berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi.

Basuki mengungkapkan, tujuan utama prgram PTK adalah untuk mempertahankan daya beli masyarakat di perdesaan atau mendistribusikan dana pembangunan ke desa-desa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2020, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran program PKT rutin sebesar Rp 11,44 triliun dengan target penerima manfaat 613.513 orang.

Baca juga: Disinggung Luhut Jadi Incaran Dunia, Apa Itu Rare Earth?

Selain itu ada juga anggaran Rp 654,4 miliar untuk program infrastruktur yang semula bersifat reguler menjadi padat karya dengan target penerima manfaat sebanyak 80.888 orang.

Rencananya, Kementerian PUPR akan menambah alokasi anggaran sebesar Rp 10,6 miliar dengan penambahan target penerima manfaat sebanyak 350 orang.

beberapa program padat karya antara lain program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3TGAI), pemeliharaan rutin jalan & jembatan, dan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Baca juga: Berapa Harta Kekayaan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri?



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.