Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sederet Manfaat Penggunaan QRIS Bagi Pelaku UMKM

Kompas.com - 24/06/2020, 13:30 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia sedang gencar-gencarnya menyosialisasikan sistem pembayaran secara non-tunai alias digital.

Apalagi semenjak adanya pandemi, metode pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) lebih disarankan untuk dilakukan.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Filaningsih Hendarta mengatakan saat ini pertumbuhan jumlah UMKM yang sudah menggunakan metode pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) menunjukkan peningkatan.

Baca juga: New Normal, BI Dorong UMKM Pakai QRIS

" Kalau kita lihat peningkatannya dari bulan Maret sampai Juni, UMKM yang menggunakan QRIS ada 119 persen sementara jumlah merchant yang menggunakan QRIS itu baru 3,64 juta merchant," ujarnya dalam press conference secara virtual, Rabu (24/6/2020).

Filaningsih juga membeberkan, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan pelaku UMKM ketika melakukan metode pembayaran melalui QRIS.

"Pertama yaitu dengan adanya QRIS, bisa membangun kredit profile dari teman-teman UMKM dan pada saat melakukan transaksi akan tercapture transaksi kita," jelasnya.

Manfaat yang kedua kata dia bisa menerima pembayaran secara higenis karena tidak perlu lagi melakukan sentuhan langsung dengan uang-uang tunai.

Ketiga, pihak merchant yang menyediakan QRIS bisa mengetahui berbagai transaksi serta waktunya.

"Dengan adanya QRIS kita tidak perlu memberikan dan menyiapkan uang kembalian. Kalau biasanya kita selalu harus menyediakan uang kembalian, saat ini tidak perlu lagi," jelasnya.

Menggunakan QRIS UMKM juga bisa mengikuti trend. Ia menyebutkan hal ini bisa sejalan dengan meningkatkan penjualan. Apalagi saat ini trend pembayaran menggunakan non-tunai sedang tinggi dilakukan oleh anak-anak milenial.

"Anak-anak milenial saat ini sudah jarang yang membawa uang cash, jadi ketika ada merchant yang tidak menyediakan pembayaran non-tunai mereka bisa tidak jadi untuk berbelanja. Memang sudah saatnya sekarang pelaku UMKM bisa melakukan pembayaran QRIS ini," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com